Warga Bengkulu Berhamburan Keluar Rumah saat Gempa

Kesturi Haryunani - 13 Agustus 2017 12:53 wib
Ilustrasi
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Bengkulu: Gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter (SR) mengguncang Bengkulu Utara. Gempa yang berpusat pada 71 kilometer barat daya Bengkulu Utara dengan kedalaman 10 kilometer ini dirasakan hingga Sumatera Selatan.

"Di Bengkulu Utara, gempa dirasakan cukup kuat selama 10 detik. Warga sempat panik dan berhamburan keluar rumah. Bangunan rumah dirasakan bergetar dan perabotan rumah berjatuhan. Masyarakat mencari tempat-tempat yang aman dan tinggi. Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Minggu 13 Agustus 2017.

(Baca: Gempa 6,6 SR Guncang Bengkulu)

Gempa juga dirasakan warga Mukomuko, Kepahiang, dan Bengkulu Selatan. "Gempa dirasakan kuat selama 5-10 detik. Masyarakat sempat berhamburan keluar rumah," lanjut Sutopo.

Di Sumatera Selatan, gempa dirasakan warga yang tinggal di Lubuk Linggau. Hal yang sama dirasakan warga Kerinci, Jambi. "Kursi, meja, lemari, dan perabotan rumah bergetar. Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan," ujarnya.

Sementara, di Sumatera Barat, gempa dirasakan kuat di Padang, Muara Labuh, Tuapejat, dan Kepulauan Mentawai.

Berdasarkan analisis peta gempa dirasakan, intensitas gempa dirasakan ringan hingga sedang. "Intensitas gempa di Sumatera Barat dirasakan lemah," terang Sutopo.

Menurut Sutopo, diperkirakan gempa tidak menyebabkan dampak yang merusak massif. BPBD saat ini masih melakukan pemantauan di daerah masing-masing.

"Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang. Tidak terpancing pada isu-isu yang menyesatkan," pungkasnya.


(NIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG GEMPA BUMI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 23-10-2017