Disdukcapil Akui Lalai Tercecernya KTP-el

ant - 12 Desember 2018 15:25 wib
ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Parit Malintang: Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Martoni, mengakui ada unsur kelalaian dalam kasus tercecernya KTP elektronik di wilayah Kota Pariaman.

"Ini keteledoran petugas kami, karena memasukkan KTP-el yang sudah tidak terpakai ke dalam karung," kata Martoni di Polsek Pariaman, Rabu, 12 Desember 2018. 

Ia menjelaskan KTP-el yang akan dimusnahkan tersebut disimpan di gudang dokumen terlebih dahulu. Namun karena sudah lama karung wadah penyimpannya lapuk. Permasalahannya timbul saat pihaknya akan membersihkan gudang dan memisahkan dokumen yang penting dengan yang tidak.

"Dokumen yang tidak penting tersebut dibuang dan dibakar, sedangkan yang penting kami simpan," ujarnya.

Baca: Seribuan KTP-el Ditemukan Tercecer di Pariaman

Namun karena sudah lama, kata dia, karung penyimpanan KTP-el tersebut lapuk. Bahkan sudah dimakan rayap sehingga petugasnya menganggap dokumen di dalamnya tidak penting. 

Ia menyampaikan sesuai aturannya KTP-el yang tidak terpakai ini disimpan baik-baik dan dimusnahkan dengan cara digunting. "Proses pemusnahan KTP-el tersebut telah kami lakukan semenjak beberapa bulan terakhir," katanya.

Kapolres Pariaman AKBP Andry Kurniawan mengatakan KTP-el tersebut ditemukan oleh Zainal Arifin yang merupakan warga Desa Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

"Zainal melaporkan kepada kami sekitar pukul 17.00 WIB pada Selasa 11 Desember 2018," katanya.

Ia mengatakan pihaknya langsung berkoordinasi dengan dinas terkait untuk pemeriksaan data sehingga ditemukan KTP-el tersebut memang tidak dipergunakan lagi. Ia menjelaskan tidak dipakainya KTP-el karena
terjadi perubahan alamat pemilik, status pekerjaan dan penikahan. 

"Apalagi Padang Pariaman baru-baru ini melaksanakan pemekaran nagari sehingga harus diubah dan diberikan KTP yang baru," ujar dia. 



(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG E-KTP
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 17-01-2019