Menunggak Sebulan, Layanan Peserta BPJS Kesehatan Dihentikan Sementara

Alwi Alim - 08 November 2017 16:06 wib
Suasana antrean di loket BPJS Kesehatan Palembang, Rabu 8 November 2017, MTVN - Alwi
Suasana antrean di loket BPJS Kesehatan Palembang, Rabu 8 November 2017, MTVN - Alwi

Metrotvnews.com, Palembang: BPJS Kesehatan Kota Palembang, Sumatera Selatan, memberhentikan sementara pelayanan untuk peserta yang menunggak lebih dari sebulan. Sebab, tunggakan iuran BPJS Kesehatan di Sumsel terbilang tinggi.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang, Diah Sofiawati, mengatakan tunggakan iuran mencapai Rp65 miliar. Tunggakan berasal dari 210.074 peserta.

Baca: Peserta Kelas III BPJS Kesehatan Paling Banyak Menunggak di Sumsel

"Bila nanti peserta sudah membayar tunggakan plus denda, layanan kembali diaktifkan," kata Diah di Palembang, Rabu 8 November 2017.

Pemberhentian layanan, lanjut Diah, hanya sementara. Itu sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016.

BPJS Kesehatan memberikan kesempatan pada peserta untuk membayar tunggakan dan denda dalam kurun waktu 45 hari. Setelah itu, kepesertaan diaktifkan.

Diah mengatakan warga tak perlu bersusah payah untuk membayar iuran, tunggakan, maupun denda. Sebab pembayaran dapat dilakukan melalui BNI, Bank Mandiri, BRI, BTN, Bank Sumselbabel, dan PT POS.

"Pembayaran ini juga dapat melalui aplikasi BPJS Kesehatan," ujarnya.

Di aplikasi, peserta dapat mengetahui besaran tunggakan, fasilitas kesehatan (Faskes) terdekat, dan beberapa fitur lainnya. Bagi peserta yang baru maka dapat memilih faskes terdekat sesuai keinginan mereka.

"Jadi kalau peserta baru bebas memilih faskes terdekat," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Pemasaran BPJS Kesehatan Cabang Utama Palembang, Dr Chandra Budiman mengakui saat ini tunggakan yang terjadi pada pada peserta mandiri kelas tiga yakni sebanyak 46.36 persen dari jumlah peserta sebanyak 97.108 jiwa. Namun, nilai tunggakan terbesar yakni pada kelas I.

"Untuk iuran kelas III ini tidak ada perubahan masih sebesar Rp25.500 per orang per bulan, sedangkan iuran kelas I sebesar Rp80 ribu per orang per bulan," singkatnya. 



(RRN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BPJS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 18-11-2017