Jemaah Calon Haji Asal Madailing Natal Terhadang Longsor di Tapanuli Utara

Puji Santoso - 10 Agustus 2017 11:27 wib
Kloter pertama jemaah haji Indonesia dari embarkasi Medan -- MI/Siswantini Suryandari
Kloter pertama jemaah haji Indonesia dari embarkasi Medan -- MI/Siswantini Suryandari

Metrotvnews.com, Medan: Perjalanan jemaah calon haji dari Mandailing Natal (Madina) menuju Embarkasi Medan terhadang longsor di Desa Pahae Jae, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Padahal, jemaah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 14 ini dijadwalkan terbang dari Bandara Kuala Namu Internasional Airport (KNIA) pada Jumat 11 Agustus 2017.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan Imam Mukhair menjelaskan, perjalanan rombongan calon haji asal Mandailing Natal terhenti sejak pukul 22.45 WIB pada Rabu 9 Agustus 2017. "Infonya, sampai sekarang sejumlah bus yang mengangkut rombongan calon haji dari Mandailing Natal belum bisa bergerak. Mereka sudah terjebak di kawasan longsor itu selama delapan jam," kata dia di Medan, Kamis 10 Agustus 2017.

Imam meminta kepada pejabat berwenang untuk mencarikan solusi terbaik agar rombongan calon haji dari Mandailing Natal bisa melintasi kawasan longsor itu menuju asrama haji di Medan.

Sementara itu, dari asrama haji demarkasi Medan diperoleh keterangan bahwa dari total 385 calon haji di kloter 8 Embarkasi Medan, ada sembilan calon haji yang tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci karena berbagai alasan. Diantaranya, terdapat dua kursi open seat dan lima orang mutasi ke kloter 22.

Lima calon haji yang mutasi ke kloter 22 masing-masing, yaitu Rianto Sukimin Terjo bin Sukimin, Suliyem Hasiran Jawi Geno binti Hasiran, Boniyem Karyo Sumito binti Karyo Sumito, Artauli Tormaraja Nainggolan binti Torma Haja Nainggolan, dan Faridah Hanum Raja Ahmad binti Rahmad.

"Masih ada satu orang lagi ditunda keberangkatannya karena sakit atas nama Nafsiyah Hasan Pasaribu binti Hasan Pasaribu," terang Sekretaris PPIH Embarkasi Medan Muslim.

Selain itu, ada dua calon haji yang sakit dan terpaksa dirujuk ke Rumah Sakit Haji Medan. Akibatnya, kedua calon haji itu tidak dapat berangkat ke Tanah Suci bersama rombongannya di kloter 8 Embarkasi Medan.

"Total, terdapat sembilan calon haji kloter 8 Embarkasi Medan yang tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci dan akan diberangkatkan dengan Kloter lainnya," pungkas Muslim.


(NIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG HAJI 2017
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 18-08-2017