DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

Sejumlah Pejabat Diperiksa terkait Taman Raja Batu Madina

Farida Noris - 07 Maret 2018 02:10 wib
Kasus korupsi, Medcom.id - M Rizal
Kasus korupsi, Medcom.id - M Rizal

Medan: Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara memeriksa sejumlah pejabat terkait pembangunan Taman Raja Batu dan Tapian Siri-Siri Syariah di Mandailing Natal (Madina). Pembangunan dua ruang publik itu diduga menggunakan dana Rp8 miliar dari APBD 2015.

Kepala Seksi Penerangan dan Hukum Kejati Sumut Sumanggar menerima laporan dari masyarakat mengenai dugaan korupsi di pembangunan dua ruang publik itu. Saat ini, kasusnya masih dalam tahap penyelidikan.

"Penyidik sudah melakukan ekspos internal. Penyelidikan akan dilanjutkan dengan meninjau lokasi untuk melihat langsung fakta lapangan dan mencocokan hasil penyelidikan," kata Sumanggar di Medan, Selasa, 6 Maret 2018.

Beberapa waktu lalu Gerakan Mahasiswa Sumut berunjuk rasa di Kantor Kejati. Mereka menuntut Kejati mengusut dugaan korupsi di proyek pembangunan dua lokasi itu.

Mereka menilai pembangunan Tapian Siri-Siri dan Taman Raja Batu janggal. Beberapa alasan di antaranya pembangunan yang berada di sekitar sungai dan penggunaan alat berat yang tak transparan.

Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution membantah proyek pembangunan Tapian Siri-Siri dan Taman Raja Batu menggunakan dana pribadi. Namun ia mengaku mendapat bantuan dana dan hibah dari anggota DPRD Madina serta tokoh masyarakat.

"Tidak ada yang dikorupsi. Malah aset pemerintah bertambah," terang Dahlan.

Dahlan berharap Kejati Sumut menerjunkan tim ke lapangan untuk mengecek kebenaran informasi dugaan korupsi itu. Ia juga mengapresiasi Kejati yang melakukan penyelidikan setelah mendapat laporan.

Tapian Siri-Siri dan Taman Raja Batu dibuat pada 2015. Lokasinya berdekatan dengan Sungai Batang Gadis dan Kantor Bupati Madina.

Dua lokasi itu menjadi tempat berekreasi bagi warga setempat. Di Tapian Siri-Siri, pengunjung dapat menikmati pemandangan Sungai Batang Gadis sambil berenang. Sedangkan di Taman Raja Batu, pengunjung dimanjakan dengan pemandangan gamparan kebun kopi dan sayuran.


(RRN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KASUS KORUPSI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 25-09-2018