Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp RP 5.744.740.112 (3 AGUSTUS 2018)

ISS Bakal Jadi Perusahaan Swasta?

Ellavie Ichlasa Amalia - 12 Februari 2018 16:37 wib
AS dikabarkan tertarik untuk menjadikan ISS sebagai perusahaan swasta. (NASA)
AS dikabarkan tertarik untuk menjadikan ISS sebagai perusahaan swasta. (NASA)

Jakarta: Pada Januari, pemerintahan Trump mempersiapkan diri untuk berhenti menyokong tasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 2025.

Kini, pemerintahan Trump dikabarkan tertarik untuk menjadikan ISS sebagai perusahaan swasta, lapor The Washington Post yang telah melihat dokumen internal NASA. 

Menurut dokumen tersebut, keputusan untuk melakukan privatisasi ISS berarti stasiun tersebut tetap bisa mengudara pada 2025. Namun, menyerahkan kendali atas ISS pada swasta bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

The Verge melaporkan, Gedung Putih akan meminta analisis pasar dan rencana bisnis dari sektor swasta dan rencana dari industri komersil. Memang, selama beberapa tahun belakangan, AS seolah tak bisa menentukan langkah yang akan mereka ambil terkait ISS.

Pada 2014, pemerintahan Obama dan Kongres mengucurkan dana untuk ISS hingga 2024. Namun, setelah itu, masih belum diketahui nasib dari ISS. Ide untuk menjadikan ISS sebagai perusahaan swasta muncul tahun lalu. 

Namun, seperti yang disebutkan oleh Engadget, masih belum diketahui bagaimana cara privatisasi ISS ini akan bekerja. Kemungkinan, akan ada banyak pihak yang menentang rencana tersebut.

ISS dibuat sebagai kolaborasi antara beberapa pemerintah negara, termasuk pemerintahan AS. Bagaimana bisa AS memprivatisasi ISS ketika ada pemerintahan negara lain yang juga memiliki kepentingan dengan ISS?

Meskipun Gedung Putih dan bos baru NASA mendukung rencana privatisasi ini, politikus kemungkinan akan menentangnya karena dianggap sebagai investasi yang sia-sia dan juga dapat mengancam pengaruh AS dalam dunia ekonomi dan sains. 


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG ANTARIKSA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 14-08-2018