Undang-Undang AS Cegah Pemerintah Gandeng Huawei dan ZTE?

Lufthi Anggraeni - 14 Januari 2018 08:18 wib
Anggota parlemen Republiken mengajukan rancangan undang-undang untuk cegah pemerintah Amerika Serikat bekerja sama dengan Huawei dan ZTE.
Anggota parlemen Republiken mengajukan rancangan undang-undang untuk cegah pemerintah Amerika Serikat bekerja sama dengan Huawei dan ZTE.

Jakarta: Anggota parlemen Republik mengumumkan telah memperkenalkan undang-undang yang secara spesifik ditujukan untuk Huawei dan ZTE. Undang-undang ini dirilis secara publik pada Jumat lalu, dihadirkan untuk mencegah jalinan kerja sama pemerintah dengan Huawei dan ZTE.

Undang-undang ini berisi pelarangan pihak pemerintah untuk bekerja sama dengan dua perusahaan asal Tiongkok tersebut, dan menggunakan peralatan yang diproduksi keduanya, ataupun layanannya.

Undang-undang ini segera dirilis setelah keputusan AT&T membatalkan kerja sama dengan Huawei akibat tekanan politik menjadi pemberitaan. Anggota parlemen Republik yang memperkenalkan undang-undang ini adalah Mike Conway.

Undang-undang tersebut didasarkan Conway pada kekhawatiran terkait spionase, setelah mendapatkan laporan dari House of Intelligence Committee pada tahun 2012 lalu. Laporan ini menandai Huawei dan ZTE sebagai ancaman nasional.

Teknologi komersial Tiongkok dinilai sebagai kendaraan bagi pemerintah Tiongkok untuk memata-matai agensi federal Amerika Serikat, dan menyamarkan ancaman keamanan nasional tingkat tinggi.

Selain itu, undang-undang tersebut juga memaparkan bahwa mengizinkan Huawei, ZTE, dan entitas terkait lain untuk mengakses komunikasi pemerintah Amerika Serikat mampu menghadirkan celah penagawasan bagi pemerintah Tiongkok ke dalam seluruh aspek kehidupan di negara yang dikepalai oleh Donald Trump tersebut.

Persetujuan undang-undang tersebut tidak akan menghalangi ZTE dan Huawei dalam memasarkan smartphone dan layanan di Amerika Serikat tanpa batasan. Namun, sejumlah perusahaan yang bekerja sama dengan pemerintah Amerika Serikat diperkirakan tidak akan melanjutkan ataupun sama sekali bekerja sama dengan keduanya.


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG HUAWEI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 21-04-2018