DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 19.955.605.901 (19 SEP 2018)

Apple Izinkan Pihak Ketiga Hadirkan Kabel 3,5mm ke Lightning

Lufthi Anggraeni - 13 Maret 2018 16:48 wib
Apple mengupdate spesifikasi pada program MFi miliknya, memungkinkan pihak ketiga menciptakan kabel 3,5mm ke Lightning.
Apple mengupdate spesifikasi pada program MFi miliknya, memungkinkan pihak ketiga menciptakan kabel 3,5mm ke Lightning.

Jakarta: Setelah memperbarui logo, Apple kembali mengganti kebijakan produksi aksesori. Update ini memungkinkan perusahaan pihak ketiga menyematkan port USB Type-C pada perangkat berlisensi.

Selain itu, pembaruan ini juga memungkinkan perusahaan pihak ketiga menciptakan kabel 3,5mm ke Lightning. Hal ini dinilai akan bermanfaat bagi pengguna produk Apple, sebab Apple mulai menghadirkan dukungan port USB Type-C pada laptop karyanya.

Pihak ketiga yang menciptakan berbagai perangkat, seperti pengendali, baterai eksternal, dan speaker kini dapat menggunakan port USB Type-C sebagai port pengisian, dan tetap memperoleh persetujuan dari Apple. Namun, Apple dilaporkan masih membatasi spesifikasi perangkatnya.

Berbeda dengan port Lightning yang turut menjadi bagian dari spesifikasi MFi untuk aksesori, port USB Type-C tidak dapat dipakai untuk melakukan sinkronisasi ataupun mengisi daya baterai pada iPhone.

Sementara itu untuk kabel 3,5mm ke Lightning, sejumlah pihak menilai kabel ini berguna untuk model ponsel versi lama, yang tidak dibekali input aux kabel atau speaker 3,5 mm.

Kabel 3,5mm ke Lightning ini akan memungkinkan pengguna menghubungkan iPhone mereka secara langsung tanpa harus menggunakan dongle 3,5mm ke Lightning milik Apple. Namun, Apple masih menolak mengizinkan perusahan pihak ketiga menciptakan kabel Lightning ke USB Type-C.

Penolakan Apple ini dilaporkan memicu frustasi pengguna MacBook versi terbaru, sebab laptop Apple ini mengharuskan mereka mengeluarkan biaya ekstra guna memperoleh kabel berkemampuan menghubungkan iPhone dengan laptop tersebut.

Sementara itu, kabel USB Type-C ke Lightning menjadi satu-satunya cara bagi pengguna untuk dapat menikmati fungsi pengisian daya cepat pada iPhone X dan 8. Untuk dapat memperoleh kabel USB Type-C ke Lightning yang saat ini hanya ditawarkan oleh Apple, pengguna harus mengeluarkan biaya sebesar USD35 (Rp500 ribu).


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG APPLE
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 20-09-2018