Pengguna Galaxy S8 dan Note 8 Bisa Matikan Tombol Bixby

Ellavie Ichlasa Amalia - 19 September 2017 15:08 wib
Tombol Bixby kini bisa dinonaktifkan. (AFP PHOTO / Timothy A. CLARY)
Tombol Bixby kini bisa dinonaktifkan. (AFP PHOTO / Timothy A. CLARY)

Metrotvnews.com: Samsung akhirnya membiarkan pengguna Galaxy S8 dan Note 8 menonaktifkan tombol Bixby, tombol yang didekasikan untuk mengaktifkan asisten virtual Samsung.

Sayangnya, update terbaru ini hanya diterima oleh sebagian pengguna Galaxy S8 dan Note 8. Jadi, masih ada sebagian pengguna smartphone premium terbaru Samsung yang tidak bisa menonaktifkan tombol Bixby. 

Namun, Anda juga harus menonaktifkan fitur Bixby Voice. Jika tidak, maka fitur tersebut masih akan berfungsi seperti biasa. Itu artinya, jika Anda menekan tombol Bixby selama beberapa waktu, maka hal itu akan mengaktifkan Bixby. Setelah Anda mematikan fitur ini, maka tombol Bixby tidak akan memiliki fungsi apapun.

Seperti yang disebutkan oleh Business Insider, menonaktifkan tombol Bixby akan meminimalisir rasa frustasi yang Anda rasakan ketika Anda secara tidak sengaja tombol Bixby, yang berdekatan dengan tombol volume.

Sayangnya, update terbaru dari Samsung ini belum memungkinkan Anda untuk mengubah fungsi dari tombol Bixby. Misalnya, membiarkan tombol itu berfungsi untuk membuka aplikasi atau fitur tertentu. Pembaruan ini hanya membiarkan Anda mematikan asisten virtual Bixby. 

Selama ini, Bixby dianggap sebagai tambahan yang tidak diperlukan, mengingat semua ponsel Android baru sudah bisa menggunakan Google Assistant, asisten virtual dari Google yang juga bisa diaktifkan menggunakan suara. Assistant dianggap dapat bekerja dengna jauh lebih baik dari Bixby.

Satu-satunya hal yang Bixby lakukan tapi tidak bisa dilakukan oleh Assistant adalah mengubah pengaturan ponsel, seperti menurunkan tingkat kecerahan layar atau volume. 

Selain itu, keberadaan dua asisten virtual dalam satu ponsel hanya akan membuat pengguna bingung asisten virtual apa yang harus mereka gunakan. Masalah ini tidak hanya ditemukan terkait asisten virtual pada smartphone Android. Biasanya, ponsel Android menawarkan dua aplikasi dengan fungsi yang sama, mulai dari pengirim pesan, galeri foto sampai aplikasi email


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SAMSUNG
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 23-01-2018