Orang Makin Senang Beli Hadiah Valentine via E-Commerce

Ellavie Ichlasa Amalia - 13 Februari 2018 17:49 wib
Banyak wanita Indonesia yang semangat untuk merayakan Hari Valentine.
Banyak wanita Indonesia yang semangat untuk merayakan Hari Valentine.

Jakarta: Lima dari sepuluh wanita tertarik membeli hadiah untuk pasangannya pada Hari Valentine, menurut survei yang diadakan oleh ShopBack. Survei ini ditanyakan pada 1.100 responden berumur 18-38 tahun dan tinggal di Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya dan Makassar.

Satu hal yang menarik dari survei ShopBack adalah laki-laki lebih ingin mendapatkan bunga dan surat cinta dari pasangannya daripada perempuan. Hal ini terlihat dari jumlah responden wanita (5,1 persen) yang menginginkan hadiah tersebut dibandingkan dengan jumlah responden pria (10,3 persen). 

Selain itu, juga terlihat bahwa semakin banyak orang yang membeli hadiah Valentine melalui e-commerce.

"Berdasarkan survei yang kami lakukan sebelum e-commerce marak di Indonesia, sebanyak 74,1 persen responden biasanya membeli hadiah untuk Valentine di toko offline dan 25,6 persen selalu membeli hadiah Valentine di toko online," kata Co-founder dan Country Head of ShopBack Indonesia, Indra Yonathan. 

Sementara saat ini, semakin banyak orang yang menggunakan e-commerce untuk membeli hadiah Valentine. Menurut survei ShopBack, sebanyak 47,7 persen responden mengaku mereka menjadi semakin sering membeli hadiah Valentine berkat adanya e-commerce.

"Angka ini naik hampir dua kali lipat dari sebelumnya," kata pria yang akrab dengan sapaan Yonathan ini. 



Alasan utama masyarakat tertarik menggunakan e-commerce untuk membeli hadiah Valentine adalah karena adanya promosi dan diskon. Setengah responden mengaku promosi dan diskon merupakan alasan mereka membeli hadian Valentine online. 

Selain itu, harga dan kemudahan transaksi menjadi hal lain yang mendorong mereka untuk berbelanja online. Infrastruktur juga menjadi salah satu alasan mengapa semakin banyak orang yang menggunakan e-commerce untuk membeli hadiah Valentine. 

Terkait hadiah yang dibeli, cokelat menjadi barang yang paling banyak dibeli. Memang, berdasarkan data Tokopedia tahun lalu, penjualan cokelat naik sebesar 650 persen. Selain cokelat, responden juga ingin makan di restoran mewah dan boneka. 



Kebanyakan masyarakat Indonesia rela menghabiskan sekitar Rp456 ribu untuk membeli hadiah Valentine. Mereka bahkan rela menyisihkan 15 persen dari penghasilan untuk merayakan Hari Valentine bersama orang-orang tersayang. 

Setengah dari responden mengaku lebih ingin mendapatkan cokelat sebagai hadiah Valentine. Sementara 33,2 persen ingin makan di tempat romantis, 23,6 persen ingin cincin berlian, 17,1 persen ingin boneka, 15,2 persen menginginkan boneka sementara 13,9 persen ingin kosmetik. 



Dari segi kematangan persiapan, responden wanita tampak lebih sigap dalam membeli hadiah Valentine. Responden perempuan biasanya mulai membeli hadiah sejak satu minggu sebelum Hari Kasih Sayang, sementara responden laki-laki baru akan mulai mempersiapkan hadiah pada tiga hari sebelum atau sehari sebelum. 


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG E-COMMERCE
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 23-05-2018