IBM dan SAP Kolaborasi Solusi untuk Pemain Industri Retail

Mohammad Mamduh - 14 September 2017 10:58 wib
Ilustrasi
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Jakarta: IBM dan SAP mengumumkan kerja sama dalam menggarap solusi untuk industri retail dan produk konsumen demi membantu meningkatkan profitabilitas dan meningkatkan pengalaman para pelanggan. 

Menurut keterangan resminya, solusi ini diklaim menggunakan data real-time untuk memperbaiki perencanaan dan eksekusi proses secara nyata di dalam toko. Sumber-sumber data yang unik, seperti IBM Metro Pulse, mengalir melalui SAP Cloud Platform untuk memberikan informasi secara cepat untuk segera ditindaklanjuti.

Kerja sama ini merupakan rencana pertama untuk menghadirkan sebuah solusi yang berfokus pada kebutuhan industri dan terlahir dari kemitraan transformasi digital kedua perusahaan yang pertama kali diumumkan tahun lalu.

Solusi tersebut nantinya adalah salah satu dari beberapa solusi digital spesifik industri yang saat ini masih dalam tahap pengembangan, dan akan berkembang seiring dengan berlanjutnya investasi IBM di industri retail dan produk konsumen dengan solusi SAP S/4HANA. Kedua perusahaan tersebut juga berencana untuk berkolaborasi dalam layanan SAP Model Company.

IBM Metro Pulse menggunakan layanan kognitif IBM untuk menyediakan informasi lokal seputar cuaca, acara, kondisi lalu lintas dan demografi dan membantu mengatasi tantangan industri utama seperti ketersediaan stok dan akurasi prediksi jumlah permintaan. 

Misalnya, manajer operasi penjualan New York untuk sebuah perusahaan minuman mungkin mencoba meramalkan penjualan di ajang Marathon New York di salah satu toko timnya di sepanjang rute lari. Dengan solusi ini, sang manajer diklaim dapat memasukkan informasi tentang arus lalu lintas di berbagai titik di sepanjang rute, dan juga dampak perkiraan cuaca terhadap permintaan produk. Hal ini memungkinkan dia untuk memprediksi lonjakan permintaan di tingkat toko dengan akurasi yang jauh lebih besar.

Berdasarkan informasi ini, manajer operasi penjualan dapat membuat tugas dan perintah yang disarankan untuk para representatif penjualan, yang kemudian dapat mendiskusikan dengan masing-masing pengelola toko mengenai cara menyesuaikan produk sehingga dapat memaksimalkan penjualan tambahan bagi kedua belah pihak.

"Melalui kolaborasi yang menarik antara SAP dan IBM, pengecer dan perusahaan produk konsumen saat ini dapat merespons dengan kecepatan, ketepatan dan kepercayaan diri terhadap kejadian yang relevan secara lokal. SAP S/4HANA mencakup kemampuan untuk memungkinkan pengguna menjalankan proses bisnis end-to-end dengan cara yang tidak dapat dilakukan sistem lain," kata Lori Mitchell-Keller, General Manager Global, Consumer Industries di SAP.


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG IBM
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 23-09-2017