DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 40.273.617.416 (15 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Ada Celah Baru di macOS High Sierra

Ellavie Ichlasa Amalia - 12 Januari 2018 16:00 wib
Ditemukan bug baru pada macOS High Sierra. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)
Ditemukan bug baru pada macOS High Sierra. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Jakarta: Sebuah bug baru telah ditemukan pada perangkat yang menggunakan macOS High Sierra.

Bug tersebut memungkinkan seseorang untuk mengakses preferensi sistem dari App Store Anda. Bug itu dilaporkan oleh Open Radar dan akan diperbaiki oleh Apple ketika mereka meluncurkan update berikutnya, yaitu versi 10.13.3. 

Menurut The Verge, bug ini tidak membuat penyerang dapat mengakses informasi sensitif pengguna. Selain itu,  penyerang juga harus sudah masuk ke akun admin untuk bisa memanfaatkan bug ini.

Namun, seperti yang disebutkan oleh Gizmodo, seseorang dengan niat jahat bisa menonaktifkan fitur untuk memeriksa dan mengunduh update terbaru. Dengan begitu, komputer tidak akan mengunduh versi terbaru dari sistem operasi yang ada dan bug-bug yang ada pada sistem operasi lama akan tetap terbuka. 

MacRumors berhasil mencoba mereplika masalah yang disebabkan bug ini pada High Sierra versi 10.13.2, versi terbaru yang tersedia saat ini. Pertama, mereka harus masuk ke dalam akun administrator.

Setelah itu, klik System Preferences. Klik App store dan klik ikon kunci jika kunci sudah berada dalam terbuka. Setelah itu, klik ikon kunci sekali lagi. Masukkan username dan password secara sembarang. Klik Unlock. 


Foto: MacRumors

Satu hal yang harus diingat, Anda hanya bisa memanfaatkan bug ini jika Anda masuk menggunakan akun admin. Sementara akun pengguna standar lainnya tidak akan terpengaruh.

Selain itu, bug ini juga tidak memungkinkan Anda masuk ke System Preferences lain. Itu artinya, pengaturan yang lebih sensitif seperti Users & Groups serta Security & Privacy tidak terpengaruh oleh bug ini. 

Memang, bug ini tidak menyebabkan masalah serius seperti penyerangan ke akses root. Namun, fungsi password adalah mencegah orang yang tidak berhak mendapatkan akses ke komputer pengguna. Itu adalah fitur dasar dalam komputer modern. 


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG APPLE
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 16-10-2018