DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Apple Temukan 29 Orang Pembocor Informasi, 12 Ditahan

Lufthi Anggraeni - 14 April 2018 10:26 wib
Memo internal Apple menyebut perusahaan telah mengungkap 29 pembocor informasi dan menahan 12 di antaranya.
Memo internal Apple menyebut perusahaan telah mengungkap 29 pembocor informasi dan menahan 12 di antaranya.

Jakarta: Memo yang ditujukan untuk pegawai Apple beredar, mengungkap bahwa sebanyak 29 pembocor informasi diketahui oleh Apple, dan 12 di antaranya ditahan pihak kepolisian.

Apple juga menyebut tidak hanya kehilangan pekerjaan, pembocor informasi juga akan sangat kesulitan untuk menemukan pekerjaan baru.

Apple juga menampilkan daftar informsi yang dibocorkan oleh pembocor informasi. Di salah satu kasus, Apple menyebutkan pertemuan dipimpin kepala teknisi software Apple Craig Federighi.

Selama pertemuan, Federighi mencatat bahwa sejumlah fitur software untuk iPhone akan mengalami menundaan pengguliran.

Catatan Federighi ini kemudian dibocorkan oleh seseorang kepada media. Apple berhasil menemukan pegawai pembocor informasi tersebut, dan dilaporkan merupakan salah satu dari pegawai yang mengikuti pertemuan bersama Federighi, dan memecatnya.

Di kasus lain, informasi detil terkait paket software yang belum dirilis mengalami kebocoran. Kebocoran ini memberikan rahasia terkait iPhone X dan sebagai besar Apple Watch versi terbaru yang dicantumkan Apple di bagian perkenalan dokumen tersebut.

Pada tahun lalu, Apple mengadakan seminar internal bertajuk "Stopping Leakers - Keeping Confidential at Apple." Sayangnya, informasi terkait seminar beredar, dan rahasia Apple kembali mengalami kebocoran.

Apple menyebut bahwa forensik digital membantu mengidentifikasi pegawai yang membocorkan informasi rahasia terkait iPhone X, iPad Pro dan AirPods ke blog ponsel tertentu.

Apple juga bekerja sama dengan pemasok untuk mencegah pencurian kekayaan intelektual, dan untuk mengidentifikasi individu yang mencoba untuk mengakses informasi yang tidak seharusnya. Telah berupaya melakukan pencegahan, sayangnya informasi rahasia Apple tetap mengalami kebocoran.

Pada bulan lalu, pegawai Apple yang membocorkan informasi rahasia ke media terkait peta jalan software Apple, diketahui dan dipecat. Saat ditanyai alasannya, pegawai tersebut menyebut bahwa dirinya tidak mengira akan ketahuan oleh Apple.

Perusahaan teknologi seperti Apple berupaya untuk menemukan individu yang membocorkan informasi rahasia. Apple menyebut pegawai yang diketahui membocorkan rahasia perusahaan kepada media tidak hanya akan dipecat, juga dapat berakhir di penjara.


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG APPLE
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 17-12-2018