Google Beli Perusahaan Pencipta Audio Layar Smartphone

Lufthi Anggraeni - 12 Januari 2018 07:54 wib
Google mengakuisisi startup asal Inggris, Redux, pencipta teknologi pencipta audi dari layar via getaran.
Google mengakuisisi startup asal Inggris, Redux, pencipta teknologi pencipta audi dari layar via getaran.

Jakarta: Google membeli startup asal Inggris bernama Redux, pemilik teknologi yang memungkinkan layar smartphone berfungsi serupa speaker. Teknologi ini dinilai mampu membantu produsen dalam mengembangkan ponsel tanpa speaker.

Pengembangan ponsel tanpa speaker mampu menyediakan ruang internal lebih banyak, sehingga dapat dimanfaatkan untuk pembekalan baterai berukuran dan berkapasitas lebih besar serta komponen lainnnya.

Melalui getaran layar menggunakan aktuator kecil, suara dapat disampaikan melalui layar. Selain itu, untuk memproduksi tipe suara serupa dengan speaker ponsel, teknologi Redux juga memproduksi umpan balik haptic saat pengguna mengetuk layar.

Redux memiliki 178 paten selain 50 paten lain yang masih dalam proses pendaftaran di badan regulasi terkait. Menurut situs bernama Cruchbase, akuisisi Google dan Redux ini dilakukan pada 6 Agustus lalu, dua setengah bulan setelah Redux menerima pendanaan dari Arie Capital.

Pendanaan yang baru diperoleh Redux tersebut dilaporkan bernilai sebesar USD5 juta (Rp66,6 miliar). Sementara itu, hingga saat ini, masih belum tersedia informasi terkait dengan harga yang dibayarkan Google untuk mengakuisisi Redux.

Teknologi ini diperkirakan akan diaplikasikan pada generasi selanjutnya dari perangkat Google Pixel. Menghilangkan speaker pada Pixel 3 dan Pixel 3 XL dinilai dapat memungkinkan produsen smartphone untuk meningkatkan usia baterai dan memperbaiki suara dari ponsel.

Google juga dinilai perlu memastikan bahwa teknologi ini mampu bertahan dalam jangka waktu lama dan tidak bermasalah, terutama setelah seluruh permasalahan yang mempengaruhi Pixel 2 dan Pixel 2 XL pada tahun ini. Sejumlah permasalahan tersebut terkait speaker pada kedua ponsel.


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG GOOGLE
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 22-01-2018