Software Open Source Jadi Tren di Kalangan Pebisnis

Lufthi Anggraeni - 20 Juli 2017 11:50 wib
Software open source menjadi tren di kalangan pebisnis akibat kemampuannya menghemat biaya operasional.
Software open source menjadi tren di kalangan pebisnis akibat kemampuannya menghemat biaya operasional.

Metrotvnews.com: Berangsur memasuki era digital, penggunaan software dalam aktivitas komputasi sehari-hari kian menjadi opsi utama bagi pengguna. Kini, software open source turut menjadi salah satu tren yang tengah digandrungi oleh perusahaan.

Berkembangannya tren penggunaan software open source oleh perusahaan ini disebut Equnix, akibat kemampuannya dalam memangkas biaya operasional, diklaim hingga bernilai miliaran Rupiah.

Selain itu, perusahaan penyedia jasa solusi teknologi informasi berbasis software open source berbasis PostgreSQL ini menyebut, software open source yang menjadi tren adalah software dengan lisensi permisif, dan tidak mengharuskan perusahaan membayar biaya lisensi.

Hal ini tidak didapati perusahaan jika menggunakan software dengan lisensi closed source. Penilaian Equnix ini juga didukung oleh hasil survey Black Duck Software dan North Bridge pada tahun 2015 lalu.

Hasil survei di berbagai industri tersebut menunjukan bahwa sebesar 78 persen bisnis menjalankan sebagian atau keseluruhan operasional software, dengan memanfaatkan software open source.

Pemanfaatan software ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2010, dengan persentase sebesar 48 persen. Selain itu, survei ini juga menemukan bahwa 55 persen bisnis mempercayai keamanan software open source tersebut lebih baik, jika dibandingkan dengan software berbayar.

Sementara itu, tren penggunaan software open source tersebut juga didorong oleh kemampuan untuk melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini disebabkan oleh kode sumber yang bersifat terbuka.

Terkait penggunaan PostgreSQL sebagai sistem basis data yang dapat dipakai secara bebas, Equnix mengaku cukup yakin akan banyak perusahaan di Indonesia yang bermigrasi ke software karyanya tersebut.

Hal ini didorong salah satunya karena tindakan hukum yang mungkin akan dihadapi oleh perusahaan jika diketahui menggunakan piranti lunak bajakan. Saat ini, software open source yang banyak dikenal masyarakat termasuk Linux, Apache, PHP, dan Android.

“Penerapan database PostgreSQL, dalam bisnis kelas entreprise menuntut penanganan tenaga ahli dan profesional agar performa perusahaan yang menggunakan sistem ini dapat sebanding dengan sistem database berbayar,” kata CEO Equnix Business Solutions, Julyanto Sutandang.


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TEKNOLOGI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 21-08-2017