DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 19.955.605.901 (19 SEP 2018)

Xiaomi: Kami Perusahaan Internet dan Teknologi Sejak Awal

Cahyandaru Kuncorojati - 12 Juli 2018 07:44 wib
Country Manager Xiaomi Indonesia Steven Shi.
Country Manager Xiaomi Indonesia Steven Shi.

Jakarta: Dua hari setelah Xiaomi resmi mendaftarkan sahamnya di bursa efek Hong Kong, kemarin di Indonesia Xiaomi mengingatkan awak media bahwa Xiaomi bukanlah perusahaan produsen smartphone, semata tapi sebagai perusahaan internet.

"Xiaomi adalah spesies baru, kami merupakan perusahaan smartphone, perusahaan hardware, perusahaan e-commerce sekaligus ritel, dan kami juga perusahaan internet," ungkap Country Manager Xiaomi Indonesia Steven Shi dalam sebuah media gathering yang dilaksanakan kemarin, Rabu 11 Juli 2018.

Steven menyebutkan bahwa Xiaomi memiliki misi menyediakan akses yang terjangkau bagi semua orang untuk merasakan teknologi terbaru yang sifatnya bukan sekadar hardware seperti yang melekat di benak banyak orang ketika mendengar Xiaomi.

Dalam presentasinya, Steven menjelaskan model bisnis dari Xiaomi di negara asalnya, sama seperti penjelasan Pendiri Xiaomi yakni Lei Jun saat berkunjung ke Indonesia pada bualn September tahun lalu.

Saat itu, Lei Jun memaparkan bahwa Xiaomi tidak hanya memproduksi smartphone, tapi juga perlengkapan rumah tangga, sepeda, skuter, dan perangkat pntar atau IoT (Internet of Things). Ditambah, Xiaomi juga memiliki e-commerce sendiri serta toko ritel untuk menjual seluruh produknya.

Steven juga menuturkan bahwa sebagai perusahaan internet Xiaomi akan memaksimalkan aplikasi yang dihadirkan oleh MIUI di smartphone Xiaomi untuk bisa menyediakan lebih banyak fitur dan kemudahan bagi penggunanya di Indonesia.

"Kami sudah memiliki Mi Browser, Mi App Store, Mi Video, Mi Music, dan di Indonesia kami sudah menyedia Mi Credit untuk mempermudah pengguna MIUI di Indonesia mendapatkan informasi dan layanan finansial dengan mudah. Ke depannya akan banyak lagi manfaat dari aplikasi di ekosistem MIUI yang akan ditawarkan ke masyarakat Indonesia," jelas Steven.

Sepanjang acara Steven terlihat berusaha untuk menyampaikan pesan bahwa Xiaomi kini tidak bisa dikenal hanya sebagai produsen smartphone tapi sebagai perusahaan internet seperti sejak awal berdirinya pada 6 April 2010 yang juga menitik beratkan pada riset teknologi.

Secara keseluruhan hal yang disampaikan Steven tidak berbeda jauh dengan pandangan yang dibagikan Lei Jun sangat berkunjung ke Indonesia dan Chief Financial Officer Xiaomi Shou Zi Chew usai peresmian IPO saham Xiaomi.

Tentu saja harapan Steven sama seperti Mi Fans, yaitu semakin banyak ekosistem Xiaomi dan terutama produk Xiaomi yang bisa diboyong ke Indonesia.


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG XIAOMI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 20-09-2018