Sejak 2015, Facebook Habiskan Rp275,6 Miliar untuk Keamanan Zuckerberg

Ellavie Ichlasa Amalia - 16 April 2018 16:37 wib
Biaya perjalanan dan tim keamanan Mark Zuckerberg ditanggung oleh Facebook.
Biaya perjalanan dan tim keamanan Mark Zuckerberg ditanggung oleh Facebook.

Jakarta: Tahun lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg hanya membawa pulang USD1 (Rp13.800) sebagai gaji pokok tahunannya. Namun, Facebook mengeluarkan hampir USD9 juta (Rp124 miliar) untuk biaya pesawat pribadi dan tim keamanannya. 

Sebuah dokumen publik menunjukkan bahwa Facebook menambah jumlah uang yang mereka habiskan untuk memastikan Zuckerberg aman selama tahun 2017. Biaya tersebut naik lebih dari 50 persen dari USD5,8 juta (Rp79,9 miliar) yang mereka keluarkan pada 2016. 

Secara keseluruhan, Facebook menghabiskan sekitar USD20 juta (Rp275,6 miliar) untuk keamanan Zuckerbeg dan perjalanan menggunakan pesawat pribadi sejak 2015, lapor CNNMoney

Perusahaan media sosial raksasa itu menyebutkan bahwa biaya yang mereka keluarkan untuk memastikan Zuckerberg aman merupakan cara mereka untuk mengatasi "ancaman atas keselamatannya yang muncul karena posisinya sebagai pendiri, Chairman dan CEO kami."

"Kami memerlukan penjagaan keamanan untuk keuntungan perusahaan karena pentingnya peran Mr. Zuckerberg dalam Facebook," tulis dokumen tersebut. 

Biaya pesawat pribadi termasuk ongkos, bahan bakar, kru dan biaya makanan. Facebook juga membayar sistem keamanan dan para penjaga yang ada di rumah Zuckerberg. 

Keputusan perusahaan untuk membayar biaya ini untuk CEO mereka bukanlah hal yang aneh. Misalnya, Apple belum lama ini meminta CEO mereka, Tim Cook, menggunakan pesawat pribadi untuk melakukan perjalanan bisnis dan pribadi. Tahun lalu, Apple menghabiskan sekitar USD317 ribu (Rp4,4 miliar) untuk keamanan dan ongkos perjalanan Cook. 

Facebook juga menanggung biaya keamanan untuk Sheryl Sandberg, COO yang juga merupakan penulis yang populer.

Mereka menghabiskan USD2,7 juta (Rp37,2 miliar) untuk memastikan keamanan Sandberg selain USD22,5 juta (Rp310 miliar) yang merupakan gaji, bonus dan kompensasi saham milik Sanberg. 


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG MEDIA SOSIAL
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-04-2018