Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.626.772.093 (16 JULI 2018)

Foto Sidik Jari di WhatsApp Bantu Polisi Tangkap Pengedar Narkoba

Ellavie Ichlasa Amalia - 17 April 2018 08:37 wib
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jakarta: Sidik jari yang tertinggal di TKP (Tempat Kejadian Perkara) bisa membantu penegak hukum mengidentifikasi kriminal. Polisi di Wales belum lama ini menggunakan sidik jari yang ada dalam foto WhatsApp sebagai bukti menangkap 11 penjual narkoba. 

Dave Thomas dari South Wales Police menyebutkan bahwa menggunakan sidik jari dari foto sebagai bukti adalah sebuah "terobosan". Dia berkata bahwa mereka kini akan menganalisa foto yang mereka dapatkan dari smartphone dengan lebih seksama. 

Dalam kasus ini, para polisi menyelidiki ponsel yang ditemukan di rumah yang mereka gerebek di kota Brigend setelah mendapatkan informasi terkait kemungkinan adanya kegiatan terkait narkoba di tempat tersebut.

Dalam ponsel tersebut, terdapat pesan WhatsApp selama berbulan-bulan. Dan ternyata, pesan-pesan itu menjadi bukti penting, lapor Digital Trends

"Ponsel itu memiliki sejumlah teks seperti, 'Apa yang ingin kamu beli?'" kata Thomas pada BBC. "Lalu ada foto dari tangan yang memegang pil yang sepertinya dikirimkan ke calon pembeli dengan pesan, 'Ini adalah barang jualan saya, saya menjual ini.'"

Foto tersebut menunjukkan bagian tengah dan bawah dari jari pelaku, meski bukan bagian atas dari sidik jari yang terekam di database nasional Inggris. Dalam kasus ini, polisi tidak bisa mencocokkan sidik jari yang mereka temukan pada databse.

Namun, gambar dari jari tersebut memberikan informasi yang cukup untuk menangkap tersangka. Penyelidikan membawa plisi untuk menangkap 10 tersangka lain. 


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TEKNOLOGI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 17-07-2018