Draper Ingin Baju Luar Angkasa Bisa Pandu Astronaut di Luar Angkasa

Ellavie Ichlasa Amalia - 06 Desember 2017 15:13 wib
Ilustrasi. (STR New / Reuters)
Ilustrasi. (STR New / Reuters)

Jakarta: Salah satu ketakutan terbesar astronot adalah kehilangan arah ketika sedang melakukan spacewalk.

Para peneliti di Draper berusaha menyelesaikan masalah ini. Mereka baru saja mendaftarkan paten tentang fitur pada baju luar angkasa yang memungkinkan pemakainya kembali ke tempat semula.

Fitur ini akan menuntun astronot langsung ke pesawat. Para astronot yang panik karena kehilangan arah hanya perlu menekan satu tombol dan dia akan dibawa kembali ke pesawat. 

Untuk melakukan ini, para peneliti memasangkan sensor-sensor yang dapat melacak gerakan dan posisi relatif terhadap obyek yang relatif diam seperti pesawat luar angkasa, dengan metode-metode lain jika satu sistem tidak bekerja.

Mengingat GPS tidak bisa digunakan di luar angkasa, maka peneliti bisa menggunakan pelacak bintang atau melakukan navigasi berdasarkan penglihatan yang dipertajam, lapor Engadget.

Draper berharap, mereka bisa mengembangkan sistem otonom yang akan secara otomatis mengaktifkan thruster pada baju astronot. Namun, tidak tertutup kemungkinan, mereka akan menggunakan sistem manual yang menampilkan arah dan perintah pada visor yang digunakan astronot. 

Satu hal yang harus diingat, saat ini, teknologi tersebut tidak lebih dari paten. Karena itu, ada kemungkinan ia tidak digunakan dalam penjelajahan luar angkasa dalam waktu dekat. Namun, NASA mendukung penelitian yang dilakukan oleh Draper. Badan luar angkasa itu juga menunjukkan ketertarikan akan desain baju luar angkasa ini. 

Seperti yang disebutkan oleh Draper, konsep ini tidak hanya bisa digunakan pada baju luar angkasa.

Konsep yang sama bisa digunakan untuk siapapun yang memerlukan baju yang bisa membawa mereka ke tempat asal mereka, seperti orang-orang yang menjelajah laut dalam atau pemadam kebakaran yang terjebak dalam gedung yang terbakar. 


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG ANTARIKSA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 17-12-2017