DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 46.708.723.881 (21 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Uber Selesaikan Tuntutan Hukum Dengan Waymo

Lufthi Anggraeni - 12 Februari 2018 16:13 wib
Uber menyelesaikan tuntutan hukum antara perusahaannya dengan Waymo.
Uber menyelesaikan tuntutan hukum antara perusahaannya dengan Waymo.

Jakarta: Uber sepakat menyelesaikan tuntutan hukum yang dilayangkannya kepada Waymo, terkait insiden pencurian rahasia pedagangan perusahaannya. Sebagai bagian dari penyelesaiannya, Uber sepakat untuk bekerja sama dengan Waymo.

Kerja sama antara Uber dan Waymo ditujukan untuk memastikan bahwa LIDAR dan software miliknya hanya mewakili karya teknisi Uber. Kesepakatan tersebut juga didukung dengan penyelesaian secara finansial bernilai hampir sebesar USD244 juta (Rp3,3 triliun) dalam bentuk saham.

Nilai tersebut setara dengan 0,34 persen dari ekuitas Uber, senilai pendanaan seri G-1, yang menjadikan valuasi Uber mencapai nilai sebesar USD72 miliar (Rp1.028,5 triliun). CEO Uber Dara Khosrowshahi menyebut hal ini menjadi cara untuk menetapkan masa depan lebih baik untuk perusahaannya.

Dara Khosrowshahi juga menyebut bahwa dirinya tidak percaya bahwa rahasia perdagangan tersebut akan menghalangi program mobil nirsopir Google ke usaha terbaru Uber. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa pegawai Waymo telah meminta orang lain untuk membantu dan bergabung dengan Otto.

Hal ini juga dinilai Khosrowshahi memunculkan peluang dokumen Google milik mereka tertinggal, sehingga dalam retropeksi, menimbulkan pertanyaan yang sulit. Khosrowshahi juga menyakini bahwa Uber tidak menggunakan informasi milik Waymo pada teknologi nirsopirnya. 

Alphabet, induk perusahaan Waymo, disebut Khosrowshahi sebagai investor penting bagi Uber, dengan visi serupa bahwa kekuatan teknologi dapat mengubah hidup masyarakat menjadi lebih baik.

Khosrowshahi tidak menyangkal bahwa keduanya adalah kompetitor, sehingga meski tidak sepakat pada beberapa hal lain, Uber sepakat bahwa akusisinya terhadap Otto dapat ditangani secara berbeda.

Sementara itu, perwakilan Waymo mengonfirmasi telah mencapai kesepakatan dengan Uber, untuk melindungi hak kekayaan intelektual milik Waymo saat ini dan di masa depan. Waymo juga berkomitmen untuk bekerja sama tersebut menjamin bahwa masing-masing perusahaan mengembangkan teknologi karya mereka.


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG GOOGLE
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 23-10-2018