DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 19.955.605.901 (19 SEP 2018)

Kurangi Hoaks, WhatsApp Pasang Label di Pesan Terusan

Ellavie Ichlasa Amalia - 11 Juli 2018 17:17 wib
Label pada pesan yang diterukan dari orang lain.
Label pada pesan yang diterukan dari orang lain.

Jakarta: WhatsApp kini akan memberikan label pada pesan yang diteruskan (forward) dengan tujuan untuk meminimalisir penyebaran hoaks di aplikasi mereka.

Dalam sebuah blog post, WhatsApp mengumumkan adanya label baru, yang akan menjadi tanda pada pesan yang diteruskan dari seorang pengguna ke pengguna lainnya. Label ini akan tampil pada semua jenis konten, baik berupa teks, gambar, video atau audio.

"Konteks ekstra ini akan membuat pembicaraan di dalam grup dan antar pengguna menjadi lebih mudah untuk diikuti," tulis WhatsApp, seperti yang dikutip dari The Verge.

"Ini juga membantu Anda untuk mengetahui apakah teman atau keluarga Anda menulis pesan yang mereka kirim atau apakah pesan tersebut datang dari pengguna lain."

Sebelum meluncurkan fitur ini, WhatsApp telah menguji label tersebut di India, yang merupakan pasar terbesar WhatsApp, dan Brasil.

Lebih dari 300 juta orang menggunakan WhatsApp di kedua negara tersebut. Di kedua negara itu juga, WhatsApp sering dikaitkan dengan menyebarkan rumor salah yang berbahaya.

Di India misalnya, rumor tentang penculik anak yang tersebar melalui WhatsApp mendorong warga lokal untuk membunuh lima orang pendatang. Sebelum ini, Facebook, perusahaan induk WhatsApp juga telah memasang iklan di koran India untuk memerangi hoaks.


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG WHATSAPP
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 20-09-2018