Kasus Paul Logan Bikin Google Lebih Ketat Pantau YouTube

Lufthi Anggraeni - 12 Januari 2018 15:57 wib
Google mengumumkan akan memperketat pengawasannya terhadap saluran di YouTube.
Google mengumumkan akan memperketat pengawasannya terhadap saluran di YouTube.

Jakarta: Google akan mulai melakukan pengawasan lebih ketat terhadap saluran YouTube yang menjadi bagian dari periklanan premium Google Preferred. Google akan menugaskan moderator manusia dan pembelajaran mesin pengawasan tersebut.

Moderator manusia dan mesin pembelajaran tersebut bertugas mendeteksi video yang tidak sesuai untuk menjadi bagian dari paket Preferred. Langkah ini sebagai tanggapan dari kekhawatiran pengiklan terkait video kurang pantas untuk anak.

Kekhawatiran pengiklan juga dilaporkan kian meningkat setelah salah satu bintang YouTube, salah satunya Paul Logan, menampilkan tingkah laku yang dianggap menyinggung. Paul Logan menjadi salah satu pemilik saluran YouTube yang tidak lagi menjadi bagian dari platform Peferred setelah mengunggah video menampilkan jenazah di hutan di Aokigahara, Jepang.

Google menyebut Peferred sebagai koleksi dari saluran YouTube paling populer di antara pengguna YouTube di Amerika Serikat berusia 18 hingga 34 tahun.

Selain itu, saluran tersebut merupakan saluran yang paling menarik serta berisi konten aman terhadap merek di YouTube. Koleksi ini dikelompokan ke dalam kategori seperti fesyen, kultur pop, dan resep.

Namun, kontroversi terkini dari Paul Logan mengejutkan YouTube. Paul menghapus video setelah ditonton banyak pihak, disalin dan tersebar di berbagai platform lainnya. Hal ini juga menjadi krisis moderasi lebih besar bagi Google, yang pada bulan lalu menyebut akan memperbanyak staf moderator menjadi 10.000 orang.

Sementara itu, perwakilan YouTube menyebut bahwa Google Preferred hadir untuk membantu konsumen agar dapat menjangkau audiens paling bersemangat di YouTube dengan mudah.

Google Preferred diklaim telah mendapatkan sambutan baik dari konsumen sejak tahun lalu, terlihat dari jumlah kerja sama dengan merek besar.


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG GOOGLE
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 22-01-2018