iPhone 8 dan 8 Plus, Bodi Kaca dan Adopsi Chip Bionic

Ellavie Ichlasa Amalia - 13 September 2017 07:02 wib
Apple iPhone 8 dan 8 Plus.
Apple iPhone 8 dan 8 Plus.

Metrotvnews.com: Apple secara resmi meluncurkan iPhone 8 dan 8 Plus, yang merupakan penerus dari iPhone 7 dan 7 Plus yang dirilis tahun lalu. Dua iPhone baru ini akan hadir dengan prosesor lebih cepat, layar True Tone dan kamera yang lebih baik. 

Keputusan Apple untuk langsung mengeluarkan iPhone 8 dianggap cukup signifikan. Ini adalah pertama kalinya Apple melakukan ini sejak iPhone 3GS dirilis pada 2009. Meskipun begitu, Apple masih menggunakan desain yang kurang lebih sama dengan desain yang mereka gunakan sejak iPhone 6 dan 6 Plus yang dirilis pada 2014. 

Salah satu perubahan terbesar pada iPhone 8 dan 8 Plus adalah bagian depan dan belakang yang kini terbuat dari kaca. Apple melakukan ini agar mereka bisa menanamkan fitur wireless charging ke dua ponsel barunya tersebut. Sama seperti model iPhone 7, iPhone 8 juga tidak memiliki port audio. 



Fitur pengisian baterai nirkabel pada iPhone 8 bekerja seperti fitur wireless charging pada smartphone lain. Anda cukup meletakkan ponsel pada charging pad, dan baterainya akan terisi. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan Lighting port untuk memasang headphone

Apple juga menggunakan layar yang lebih baik untuk iPhone 8, menambahkan teknologi True Tone yang mereka gunakan pada iPad Pro 10,5 inci. Fitur ini akan secara otomatis menyesuaikan pengaturan layar berdasarkan cahaya ambien di ruangan agar layar menampilkan warna dengan lebih akurat.

Dari segi prosesor, kini Apple menggunakan A11 Bionic. Ia adalah chip 6 core dengan 2 core performa, yang 25 persen lebih kencang dari A10 pada iPhone 7, dan 4 core efisiensi baterai, yang Apple klaim lebih cepat 70 persen dari generasi sebelumnya. Selain itu, iPhone 8 juga sudah menggunakan GPU yang Apple desain, yang disebutkan lebih cepat 30 persen dari GPU A10 serta 50 persen lebih hemat daya. 

Untuk masalah kamera, Apple melengkapi iPhone 8 dengan sensor 12MP baru yang lebih besar, lebih cepat dan sudah dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization). iPhone 8 Plus juga kini memiliki sensor baru juga kamera dengan aperture f/1.8 dan f/2.8. 



Kamera ganda pada iPhone 8 Plus juga dilengkapi dengan fitur "Portrait Lighting" untuk menyesuaikan pencahayaan pada foto portrait. Apple berkata, fitur itu juga berlaku pada video. iPhone 8 juga telah dapat mengambil video dengan resolusi 4K pada 60fps. Untuk video slow motion, ponsel itu dapat merekam video dengan resolusi 1080p pada 240fps, jumlah frame meningkat dua kali lipat dari iPhone 7. 

Apple mengklaim iPhone 8 sebagai smartphone pertama yang didesain untuk augmented reality. Kameranya telah disesuaikan untuk fitur AR. Selain itu, ia memiliki gyroscope dan accelerometer baru yang membuat ponsel dapat melacak gerakan dengan lebih baik. 

iPhone 8 hadir dalam 3 opsi warna: space gray, silver dan gold. Varian iPhone 8 dengan memori 64Gb dihargai USD699, sementara iPhone 8 Plus dengan memori yang sama dihargai USD799. Keduanya juga akan hadir dengan memori 256GB, dihargai USD849 dan USD949. Keduanya akan mulai bisa dipesan pada 15 September dan tersedia di pasar pada 22 September. 


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG APPLE
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 23-09-2017