Hacker Bisa Tipu Pemindai Iris Mata Galaxy S8 dengan Foto Infra Merah

Ellavie Ichlasa Amalia - 24 Mei 2017 14:41 wib
Gambar infra merah dan lensa kontak bisa digunakan untuk menipu Galaxy S8. (CCC)
Gambar infra merah dan lensa kontak bisa digunakan untuk menipu Galaxy S8. (CCC)

Metrotvnews.com: Galaxy S8 dilengkapi dengan fitur pemindai iris mata yang tidak hanya terdengar keren, tapi juga memudahkan penggunanya untuk mengamankan ponselnya.

Namun, hacker Jan Krissler, yang menggunakan nama Starbug, menunjukkan dalam sebuah video bahwa teknologi pemindai iris mata dapat ditipu dengan menggunakan cara yang terbilang sederhana. 

Seperti yang ditunjukkan dalam video, Starbug bisa mengambil gambar infra merah dari wajah seseorang menggunakan mode malam pada sebuah kamera point-and-shoot. Dia kemudian mencetak foto tersebut dan meletakkan lensa kontak pada gambar untuk membuat bagian mata terlihat seperti asli.

Meskipun cara ini tidak semudah menipu fitur pemindai iris mata dengan foto, cara tersebut cukup mudah untuk bisa dilakukan oleh orang biasa, seperti yang disebutkan oleh The Verge.



Itu bukanlah pertama kalinya Starbug berhasil menipu fitur keamanan dalam sebuah perangkat. Sebelum ini, dia berhasil membuat sidik jari dari Menteri Pertahanan Jerman, Ursula von der Leyen, menggunakan gambar dari jari-jarinya.

Dia juga merupakan salah satu orang pertama yang bisa menembus sistem TouchID dari Apple dengan sidik jari palsu beberapa hari sejak sistem tersebut diluncurkan.

Video Starbug ini menjadi pengingat bahwa meski ponsel seperti Samsung Galaxy S8 menawarkan banyak cara untuk mengamankan ponsel Anda -- mulai dari password, pola, sidik jari sampai pengenalan wajah -- kunci biometrik terbaik sekalipun tetap bisa diretas oleh seorang hacker yang benar-benar ingin melakukan hal itu. 


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SAMSUNG
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 18-11-2017