Selain Pekerja, idtalent Juga Ingin Bantu Perekrut

Ellavie Ichlasa Amalia - 02 Mei 2017 07:13 wib
Putra Nababan dalam acara ICN.
Putra Nababan dalam acara ICN.

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah menggeluti bidang jurnalistik dan media selama lebih dari 20 tahun, Putra Nababan kini tertarik untuk membuat perusahaan rintisan. B

ersama dua rekannya, Putra membuat idtalent, sebuah platform digital yang mempertemukan perusahaan, pencari kerja dan perekrut. 

Sejatinya, idtalent berfungsi untuk membantu pencari kerja agar dapat mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuannya serta membantu perusahaan untuk merekrut pegawai yang sesuai. "Tidak membeli kucing dalam karung," adalah istilah yang digunakan oleh Putra. 

Namun, idtalent juga dapat membantu orang-orang yang ingin bekerja dari rumah untuk menjadi perekrut. Salah satu fitur unik yang ditawarkan oleh idtalent adalah fitur wawancara secara daring. Dengan begitu, calon pekerja yang ada di luar Jawa tidak harus menghabiskan uang banyak untuk pergi wawancara untuk pekerjaan yang belum tentu dia dapatkan. 

"Saya ingin menghidupkan teman-teman yang memilih untuk bekerja di rumah sebagai recruiter," ujar Putra. Dia memperkirakan, satu kali wawancara, seorang perekrut dapat dibayar sekitar Rp250-300 ribu. Semakin banyak wawancara yang dilakukan setiap hari, semakin banyak pula penghasilan yang didapat.

Namun, tidak semua orang bisa menjadi perekrut. Putra bercerita, tim idtalent akan menguji seseorang sebelum menjadikannya sebagai perekrut. "Kalau seseorang mau jadi recruiter, kami akan lihat kemampuan, disiplin ilmu dan juga pengalamannya. Saya akan wawancara dia terlebih dulu."

Dengan begitu, diharapkan, perekrut memang tahu kriteria calon pekerja yang baik.


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TEKNOLOGI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 12-12-2017