Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.400.516.227 (19 JUNI 2018)

Stephen Hawking dan NASA Pernah Kerja Sama Garap Pesawat Antariksa

Ellavie Ichlasa Amalia - 14 Maret 2018 13:43 wib
Stephen Hawking bekerja sama dengan NASA untuk mengembangkan StarChip. (AFP PHOTO  / ANDREW COWIE)
Stephen Hawking bekerja sama dengan NASA untuk mengembangkan StarChip. (AFP PHOTO / ANDREW COWIE)

Jakarta: Para peneliti NASA pernah bekerja sama dengan Stephen Hawking untuk mengembangkan pesawat luar angkasa nano yang bisa mencapai kecepatan seperlima kecepatan cahaya pada akhir 2016.

Jika sukses, pesawat yang dinamai "StarChip" ini bisa mencapai sistem bintang terdekat, Alpha Centauri, dalam waktu 20 tahun. Menurut Independent, Hawking mengumumkan proyek Breakthrough Starshot pada April 2016. Dia kemudian dibantu oleh para peneliti dari Korea Institute of Science and Technology.

Namun, masih belum diketahui apakah pesawat ini cukup kuat untuk terbang selama 20 tahun. Inilah peran NASA. Menurut para peneliti, radiasi energi tinggi di luar angkasa bisa menyebabkan pesawat StarChip berhenti berfungsi sebelum perjalanan selama 20 tahun ini berakhir, menurut laporan Science Alert.

NASA kemudian menawarkan beberapa opsi yang bisa diambil dalam pengembangan proyek tersebut. Opsi pertama adalah menyesuaikan rute pesawat untuk menghindari kawasan dengan radiasi tinggi.

Sayangnya, hal ini bisa menambah waktu perjalanan pesawat menjadi beberapa tahun lebih lama. Pilihan ini juga tidak membantu untuk memastikan pesawat tidak rusak. 

Opsi kedua yang NASA tawarkan adalah membuat pelindung pada elektronik pesawat. Sayangnya, opsi ini akan membuat pesawat menjadi lebih besar dan lebih berat, yang akan membuat kecepatan pesawat menurun. Opsi ketiga yang NASA tawarkan adalah chip silikon yang dapat memperbaiki diri sendiri. 

"Perbaikan pada chip telah ada selama bertahun-tahun," kata anggota tim NASA, Jin-Woo Han. Meskipun begitu, penelitian ini hanya bersifat teoritis dan para peneliti masih memiliki banyak pekerjaan rumah untuk menyelesaikan masalah lain untuk melakukan perjalanan antarbintang. 


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG ANTARIKSA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 20-06-2018