Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.400.516.227 (19 JUNI 2018)

Merayakan Hari Pi dengan Google Doodle

Ellavie Ichlasa Amalia - 14 Maret 2018 09:08 wib
Google Doodle hari ini.
Google Doodle hari ini.

Jakarta: Google merayakan Hari Pi dengan Doodle. Hari Pi dirayakan pada tanggal 14 Maret (yang ditulis 3/14 pada sistem penanggalan Amerika Serikat, yang menggunakan sistem bulan/tanggal) karena 3, 1, dan 4 adalah tiga angka pertama dari konstanta pi. 

Hari Pi pertama kali dirayakan besar-besaran oleh Larry Shaw pada 1988 di Exploratorium San Francisco. Di sana, dia bekerja sebagai seorang ahli fisika.

Untuk merayakan Hari Pi, Shaw mengajak stafnya untuk memutari salah satu ruang bundar yang ada di Exploratorium kemudian memakan pai buah. Exploratorium lalu melanjutkan tradisi untuk merayakan Hari Pi. 

Pada 2009, untuk lebih tepatnya pada tanggal 12 Maret, Dewan Perwakilan AS setuju untuk menjadikan tanggal 14 Maret sebagai Hari Pi Nasional. Satu tahun berikutnya, Google mulai menampilkan Doodle untuk merayakan Hari Pi. 

Ada banyak cara untuk merayakan Hari Pi, mulai dari makan pai, melempar kue pai sampai membahas pentingnya bilangan pi. Alasan Hari Pi dirayakan dengan memakan pai adalah karena dalam bahasa inggris, "pi" dan "pie" merupakan homofon. 

Sementara itu, Massachusetts Institute of Technology atau MIT seing mengirimkan surat penerimaan pada calon mahasiswa pada Hari Pi.

Sejak 2012, MIT mengumumkan bahwa mereka akan mengirimkan keputusan penerimaan mahasiswa pada Hari Pi pada pukul 6.30 waktu setempat. Pukul 6.30 mereka sebut Tau Time. Tau adalah konstanta yang menjadi "saingan" pi dengan nilai dua pi. 


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG INTERNET
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 19-06-2018