DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 19.955.605.901 (19 SEP 2018)

Punya Celah Keamanan di Prosesor, AMD Segera Gelar Investigasi

Cahyandaru Kuncorojati - 14 Maret 2018 10:51 wib
Prosesor AMD Ryzen.
Prosesor AMD Ryzen.

Jakarta: Setelah Intel menjadi korban serangan Meltdown dan Spectre, giliran prosesor AMD yang juga diketahui memiliki celah keamanan berbahaya.

Dikutip dari CNET, hal ini pertama kali disampai oleh perusahaan keamanan asal Israel bernama CTS-Labs yang menyebut sudah meneruskannya ke pihak AMD dan meminta menginvestigasi dan memberikan pernyataan dalam kurun wakru 90 hari.

CTS-Labs menemukan 13 celah keamanan yang ada di dua arsitektur prosesor buatan AMD. Pertama di Ryzen dan kedua adalah EPYC. Ryzen merupakan prosesor yang digunakan di laptop dan PC sedangkan EPYC digunakan untuk server.

Permasalahan ini semakin serius karena CTS-Labs menemukan celah keamanan ini ada pada area sistem prosesor yang seharusnya paling aman yakni area yang menyimpan informasi penting dan sensitif.

CTS-Labs sendiri tidak membeberkan permasalahan teknisnya, tapi mereka mengakui telah mengirimkan bukti-bukti temuannya ke pihak AMD. Ada beberapa bahaya secara umum yang diakibatkan celah keamanan tersebut apabila terjadi serangan di dalamnya.

Di antaranya mengambil alih kendali prosesor beserta sistem keamanannya, memasukkan malware, mencuri informasi penting, menutup akses untuk solusi keamanan, dan terakhir adalah mengakibatkan kerusakan fisik pada komponen.

Seluruh bahaya yang disebutkan di atas tadi oleh CTS-Labs dimasukkan ke empat jenis celah keamanan yang mereka beri nama, Master Key, Ryzenfall, Fallout, Chimera. Pihak AMD global baru memberikan tanggapan bahwa mereka akan segera meginvestigasi dan menyediakan solusi atas permasalahan ini.


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG AMD
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 20-09-2018