Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp RP 5.744.740.112 (3 AGUSTUS 2018)

Google Pasok 3,9 Juta Pixel, Essential Phone Kurang dari 90 Ribu

Lufthi Anggraeni - 13 Februari 2018 09:06 wib
Google Pixel didistribusikan sebanyak 3,9 juta, sedangkan Essential Phone sebanyak 88 ribu selama 2017.
Google Pixel didistribusikan sebanyak 3,9 juta, sedangkan Essential Phone sebanyak 88 ribu selama 2017.

Jakarta: Direktiur penelitian IDC Fransisco Jeronimo mengumumkan hasil laporan pendistribusian smartphone Google Pixel selama tahun 2017. Pada tahun lalu, Google dilaporkan mendistribusikan sebanyak 3,9 juta unit perangkat.

Jeronimo juga mengonfirmasikan laporan yang diumumkan Google menyebut bahwa pendistribusian tersebut dua kali lebih besar jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Meskipun demikian, Google masih jauh dari posisi pemimpin pasar.

Hal ini dinilai akibat strategi yang diusung Google dalam distribusi smartphone Pixel miliknya tidak mencakup sebagian besar pasar di dunia, sehingga Google diperkirakan tidak terburu-buru dalam proyek hardware miliknya.

Pencapaian ini dilaporkan hanya mengganjar Google dengan pangsa pasar kecil, yaitu kurang dari satu persen. Peluncuran Pixel 2 dan Pixel 2 XL di kuartal akhir juga disebut menjadi alasan dibalik pencapaian yang dinilai mengecewakan ini.

Selain itu, pencapaian Google Pixel tersebut juga dilaporkan akibat pengaruh dari persaingan yang harus dihadapinya terhadap Apple iPhone dan Samsung Galaxy S terbaru yang meluncur pada kisaran waktu berdekatan.

Namun, pendistribusian Google tersebut tergolong besar jika dibandingkan dengan pendistribusian Essential Phone. Nama besar Andy Rubin sebagai bapak Android dilaporkan IDC hanya dapat mendorong pendistribusian Essential Phone sebesar 88.000 selama tahun 2017.

Hal ini dinilai masuk akal mengingat Essential merupakan startup dan PH-1 menjadi perangkat pertama karyanya yang diluncurkan di dunia. Harga Essential Phone PH-1 dilaporkan mengalami penurunan dari USD699 (Rp9,6 juta) menjadi USD499 (Rp6,8 juta).

Sementara itu, saat ini Essential Phone dikabarkan tengah mengembangkan smartphone generasi kedua karyanya. Pada tahun lalu, sertifikasi IP menjadi perubahan yang paling banyak diminta oleh konsumen untuk dihadirkan pada perangkat generasi selanjutnya.


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG GOOGLE
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 14-08-2018