DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

Password Sistem Bandara Dijual Rp140 Ribu

Ellavie Ichlasa Amalia - 12 Juli 2018 21:16 wib
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jakarta: Para peneliti di McAfee Advanced Threat Research menemukan bahwa kredensial untuk sistem di bandara internasional besar dijual di dark web seharga USD10 (Rp144 ribu). Administrator bandara mengonfirmasi bahwa kredensial itu benar.

Kredensial itu akan memberikan kendali atas sistem keamanan dan otomatisasi gedung. Pihak bandara menyelesaikan masalah ini setelah dihubungi oleh McAfee. Para peneliti tidak menyebutkan nama bandara atas alasan keamanan.

Informasi kredensial yang dicuri dapat digunakan pada RDP (Remote Desktop Protocol) bandara, yang memungkinkan para karyawan untuk bekerja melalui komputer di luar jaringan lokal bandara. Kredensial RDP adalah jalan masuk yang sempurna bagi para kriminal siber.

Selama bertahun-tahun, malware seperti ransomware SamSam menggunakan kredensial RDP untuk menembus sistem keamanan, menurut laporan The Verge.

Namun, masih belum diketahui bagaimana kredensial untuk RDP bandara ini bisa bocor. Para peneliti menduga, para penyerang menggunakan metode brute force, yaitu mencoba password secara random secara massal hingga mereka menemukan kredensial yang sesuai.

Serangan brute force pada portal login RDP adalah serangan yang biasa dilakukan. Alasannya karena administrator RDP biasanya relatif lambat dalam mengadopsi teknologi seperti autentikasi dua faktor, yang dapat mencegah serangan menggunakan brute force.


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG CYBER SECURITY
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 23-09-2018