DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 45.764.339.104 (19 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Menteri Susi Kenalkan Aplikasi Laut Nusantara ke Nelayan Bali

Ellavie Ichlasa Amalia - 12 Oktober 2018 13:33 wib
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (tengah).
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (tengah).

Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memperkenalkan aplikasi khusus untuk nelayan dari XL pada komunitas nelayan Bali. Sebelum ini, aplikasi Laut Nusantara telah diluncurkan pada akhir Agustus lalu.

Dalam acara yang diadakan pada Rabu, 10 Oktober, wanita yang akrab dengan panggilan Susi ini memberikan penyerahan simbolis tiga paket perangkat Laut Nusantara. Paket itu terdiri dari satu smartphone Android, kartu SIM dengan paket data sebanyak 1GB dan buku panduan. 

Sebelum meluncurkan Laut Nusantara, tim XL dan BROL sengaja menanyakan nelayan apa yang mereka perlukan. 

Kepala BROL, Dr. I Nyoman Radiarta M.Sc menyebutkan bahwa informasi yang diberikan pada aplikasi Laut Nusantara sangat relevan dengan nelayan individual yang hidup-matinya tergantung pada hasil tangkapan mereka. 

Aplikasi Laut Nusanatara menyediakan informasi seperti wilayah tangkapan, sebaran ikan di pelabuhan dan cuaca di laut. Laut Nusantara merupakan hasil kolaborasi antara XL dengan Balai Riset dan Observasi Laut (BROL).

"Aplikasi “Laut Nusantara” ini dibangun selama kurang lebih 5 bulan," kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya. Dia menyebutkan, data pada aplikasi Laut Nusantara didapatkan langsung dari stasiun bumi BROL untuk memastikan keakuratan data. 

Setiap tiga hari, data pada aplikasi akan diperbarui menggunakan data dari satelit khusus. Sementara informasi prakiraan dibuat berdasarkan analisis dari data selama 20 tahun lalu.


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG XL
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 21-10-2018