DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 46.708.723.881 (21 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Situs Pemerintah Inggris dan AS Terjangkit Malware Uang Kripto

Cahyandaru Kuncorojati - 12 Februari 2018 09:47 wib
Kegiatan crypto-mining mulai dimanfaatkan ole penjahat siber dengan membajak situs atau komputer milik orang lain.
Kegiatan crypto-mining mulai dimanfaatkan ole penjahat siber dengan membajak situs atau komputer milik orang lain.

Jakarta: Ribuan situs milik pemerintah Inggris dan Amerika Serikat dilaporkan terkena serangan malware dalam jangka waktu beberapa jam hari ini.

Malware yang menyerang tersebut diketahui sebagai crypto-mining atau malware yang diam-diam memanfaatkan situs untuk menambang mata uang kripto.  Dilaporkan ada 4.200 situs yang diketahui terjangkit.

Malware tersebut menyerang dengan membajak sebuah software yang tertanam di peramban internet. Software bernama BrowseAloud buatan Texthelp yang berfungsi untuk membacakan teks ke pengakses internet yang memiliki masalah penglihatan.

Untuk jenis software crypto-mining yang digunakan dalam malware tersebut dideteksi bahwa penjahat siber menggunakan software Coinhive yang biasa digunakan untuk menambang mata uang kripto jenis Monero.

Hal ini pertama kali diketahui oleh beberapa konsultan keamanan siber di Inggris yang menyebtkan beberapa situs penting milik pemerintah terdeteksi berisi malware crypto-mining.

Untuk saat ini, pihak Texthelp sudah menonaktifkan plug-in di BrowseAloud untuk proses investigasi lebih lanjut. Namun, mereka dan pihak pemerintahan belum mau memberikan tanggapan atas celah keamanan yang ada pada situs mereka.

Akibat tren uang kripto belakangan, kegiatan crypto-mining mulai kerap dilakukan oleh penjahat siber sebagai cara mendapatkan uang namun dengan cara ilegal. Penjahat siber diam-diam memanfaatkan situs atau komputer yang diserang sebagai alat menambang uang kripto.

Akibatnya setiap pengunjung situs maupun komputer yang terhubung dengan sebuah situs terancam ikut menjadi korban crypto-mining. Tanpa disadari perangkat mereka bekerja lebih keras dari seharusnya dan membuat usia perangkat lebih pendek.


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG CYBER SECURITY
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (TEKNOLOGI)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 23-10-2018