Samsung Galaxy C9 Pro, Si Bongsor Bodi Mulus

Lufthi Anggraeni - 07 Agustus 2017 10:23 wib
Samsung Galaxy C9 Pro. (MTVN)
Samsung Galaxy C9 Pro. (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perangkat berlayar besar belum menunjukan penurunan minat dari pengguna perangkat mobile di seluruh dunia, terlihat dari kemunculan perangkat berlayar luas yang diluncurkan oleh produsen smartphone.

Hal tersebut juga diperlihatkan Samsung yang telah lama menggeluti bidang ini, melalui smartphone pada lini Note. Kali ini, Samsung menawarkan perangkat berlayar besar pada lini Galaxy C, melalui salah satu perangkat terbarunya yaitu Galaxy C9 Pro.

 

Desain

Samsung Galaxy C9 Pro hadir dengan desain serupa perangkat karya perusahaan asal Korea Selatan tersebut. Galaxy C9 Pro hadir dengan garis desain elegan dan sederhana, yang juga ditunjang oleh dimensinya yang tipis dan balutan warna hitam yang dominan. Sayangnya, dimensi tipis yang diusungnya tidak hanya mengusung sisi positif, namun juga sisi negatif.

Dimensi tersebut menimbulkan kerentanan saat menggenggam perangkat, bahkan dengan dua tangan, akibat dikombinasikan dengan casis belakang tanpa tekstur. Absennya tesktur tersebut menimbulkan kesan licin dan sedikit lengket saat digenggam oleh tangan berkeringat.



Meskipun demikian, perangkat ini tetap mampu menyuguhkan kesan kokoh saat digenggam. Selain dimensi tipis, kesan elegan juga didukung oleh usungan layar luar berukuran 6 inci. Bezel di sisi layar yang tipis serta lapisan kaca yang sedikit melengkung di tepiannya turut mendukung kesan elegan yang ingin dihadirkan Samsung pada perangkat ini.



Sementara itu, Samsung menyematkan tombol volume di sisi kiri perangkat, sedangkan tombil daya di sisi kanan berdampingan dengan slot microSD, terpisah dengan dua slot kartu SIM nano. Ukuran tombol yang diusung Galaxy C9 Pro sedikit berbeda dari smartphone lainnya, dengan ukuran lebih kecil sehingga memerlukan waktu pembiasaan sedikit lebih lama untuk dapat menggunakannya dengan nyaman.



Di bagian depan perangkat terdapat tombol Home fisik berdesain khas Samsung dengan sematan fungsi pemindai sidik jari, tombol back dan Recent Apps sentuh kapasitif, serta mikrofon dan kamera depan. Sedangkan pada bagian belakang ponsel, Anda dapat menemukan kamera yang berdampingan dengan lampu flash. Anda dapat menemukan plug headphone di bagian bawah, bersebelahan dengan port USB Type-C dan speaker.

 

Software & Antarmuka

Samsung membekali Galaxy C9 Pro dengan dukungan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow, dengan sentuhan khasnya, dan belum menggunakan sistem operasi terbaru Google, Android 7.0 Nougat. Sentuhan khas Samsung ini menghadirkan tampilan antarmuka pengguna yang familiar untuk pengguna perangkat Samsung sebelumnya.

Selain itu serupa dengan perangkat Samsung, Anda juga dapat mengakses dua aplikasi secara bersamaan dengan posisi atas dan bawah, meski fungsi ini tidak berlaku untuk semua aplikasi. Untuk mengetahui aplikasi yang dapat memanfaatkan fitur Split Screen ini, Anda perlu menekan tombol menu Recent Apps selama beberapa saat hingga muncul pilihan aplikasi.



Samsung Galaxy C9 Pro juga dibekali dengan rangkaian aplikasi Google dan Microsoft Office, serta aplikasi karya Samsung, salah satunya Secure Folder. Aplikasi ini memungkinkan Anda menyimpan data dan aplikasi yang tidak ingin terlihat oleh orang lain saat meminjam ponsel, dalam folder yang dilindung oleh kunci via password, pola atau sidik jari.

Serupa dengan perangkat Samsung keluaran sejak tahun 2016, Galaxy C9 Pro juga dibekali dengan sejumlah fitur tambahan Samsung lainnya, seperti Blue Light Filter dengan jadwal, Mode Easy, serta Mode Game yang menonaktifkan tombol sentuh kapasitif.

 

Kamera & Video

Samsung menyuguhkan aplikasi kamera pada Galaxy C9 Pro dengan layout sederhana, serta memanfaatkan gestur untuk mengakses sejumlah fungsi seperti mengusap ke arah atas atau bawah untuk berganti antara kamera depan dan belakang.

Samsung juga membekali perangkat ini dengan mode Pro, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan kamera layaknya kamera mandiri. Aplikasi kamera juga dapat diakses dengan mudah dengan menekan tombol Home sebanyak dua kali, saat layar dalam kondisi terkunci.

Tren kamera belakang ganda tampaknya belum mehampiri Samsung. Namun, bukan berarti kemampuan kamera yang membekali ponsel cerdas ini mengecewakan. Samsung membekali kamera bersensor 16MP di bagian depan dan belakang ponsel cerdas ini.

Bekal sensor beresolusi besar tersebut mampu menyuguhkan hasil foto dengan kecerahan, ketajaman dan detil tergolong baik, pada berbagai kondisi pencahayaan. Noise masih tetap terlihat pada hasil foto di kondisi pencahayaan redup, meski tidak mengganggu tampilan secara keseluruhan.

Pengalaman penggunaan kamera C9 Pro yang menyenangkan juga didukung oleh kemampuan auto fokus dan shutter tanpa gangguan lag berarti. Dukungan layar berukuran luas turut mendukung kesenangan menggunakan kamera ponsel ini, sebab dapat melihat tangkapan gambar secara lebih luas.

Hanya saja, pengguna bertangan mungil mungkin akan mengalami sedikit kesulitan dalam menjangkau tombol shutter pada layar, akibat ukuran layar luas yang diusung oleh Samsung Galaxy C9 Pro ini. Hal lain yang dicukup disayangkan pada kamera C9 Pro adalah ketiadaan fitur stabilization.

Berikut hasil foto Samsung Galaxy C9 Pro


 

Performa& Baterai

Didukung prosesor Qualcomm Snapdragon 652 1,96GHz octa-core, menggunakan ponsel cerdas ini tergolong menyenangkan, sebab kami tidak menemukan lag berarti selama menggunakannya, baik saat melakukan aktivitas sehari-hari maupun bermain game Asphalt 8: Airbone.

Samsung juga membekali Galaxy C9 Pro dengan RAM berkapasitas terbesar untuk standar smartphone saat ini, yaitu 6GB. Bekal tersebut turut mendukung kemampuannya dalam menyuguhkan performa mulus tanpa kendala lag saat digunakan.

Selain itu, Samsung turut membekalinya dengan memori internal yang tergolong cukup untuk menyimpan data dalam jumlah besar, serta tanpa mengganggu performa yang disuguhkannya. Jika kapasitas memori tersebut masih kurang mencukupi, Anda dapat menambahkan memori via microSD yang mendukung kapasitas hingga 256GB.

Performa baik yang disuguhkan Galaxy C9 Pro juga ditampilkan pada perolehan nilai pada pengujian benchmark 3DMark dan PCMark. Pada pengujian benchmark 3DMark Unlimited, ponsel ini meraih nilai sebesar 11.943, sedangkan pada pengujian 3DMark Sling Shot sebesar1.466, dan pada PCMark Work 2.0 sebesar 3.920.



Untuk baterai, Samsung membekali Galaxy C9 Pro dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh yang tergolong besar. Pada penggunaan sehari-hari, perangkat ini mampu bertahan dalam jangka waktu cukup lama, yaitu sekitar hampir 10 jam. Hanya saja hasil berbeda kami dapati pada hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark PCMark Work 2.0 Battery Life, yang hanya mampu bertahan selama kurang dari 7 jam.

Baterai Samsung Galaxy S9 Pro juga didukung oleh fitur pengisian daya cepat, yang memungkinkan baterai perangkat terisi penuh dalam waktu tergolong singkat. Untuk mengisi baterai dari satu persen hingga 100 persen, perangkat ini hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit.


Kesimpulan

Layar berukuran besar menjadi salah daya tarik yang ditawarkan oleh Samsung C9 Pro, demikian juga dengan kemampuan kamera yang tidak mengecewakan. Hanya saja, minimnya perubahan berarti pada tampilan antarmuka pengguna pada perangkat ini bisa menjadikan tampilannya ramah pengguna namun juga membosankan bagi pengguna setia Samsung.

Dukungan prosesor dan RAM besar pada ponsel ini yang mampu menyuguhkan performa penggunaan mulus tanpa gangguan berarti ini sesuai untuk konsumen yang gemar melakukan kegiatan multitasking pada ponsel cerdas. Meski demikian, penawaran harga sebesar Rp6.999.000 mungkin akan sedikit memberatkan konsumen yang punya dana terbatas.
 
  Samsung Galaxy C9 Pro
Prosesor Qualcomm Snapdragon 653 1,95GHz octa-core
RAM 6GB
OS Android 6.0.1
GPU Adreno 510
Memori Internal 64GB
Kamera 16MP (belakang dan depan)
Dimensi 162,9 x 80,7 x 6,9 mm
Bobot 189 gram
Baterai 4.000 mAh
Layar 6 inci 1920 x 1080 pixel
Harga Rp6.999.000
 

Samsung Galaxy C9 Pro

 

8,0

  • Ukuran layar luas
  • RAM dan memori internal besar
  • Baterai tahan lama dan fast charging
  • Masih menggunakan Android Marshmallow
  • Bodi bagian belakang sedikit licin akibat bodi tanpa tekstur



(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SAMSUNG
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA REVIEW
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 18-11-2017