DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 46.708.723.881 (21 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

ASUS RT-AC5300, Prioritaskan Gamer

Cahyandaru Kuncorojati - 11 Januari 2018 22:16 wib
 ASUS RT-AC5300, router yang ditujukan untuk gamer yang gemar memainkan game online dan membutuhkan koneksi internet prioritas.
ASUS RT-AC5300, router yang ditujukan untuk gamer yang gemar memainkan game online dan membutuhkan koneksi internet prioritas.

Jakarta: Bicara tentang pengalaman bermain game online juga bicara soal kualitas koneksi internet. Tanpanya, mustahil Anda bisa menikmati game online yang dimainkan. Komponen router pun menjadi salah satu perangkat yang dibutuhkan.

Mengapa? Karena router mampu meningkatkan kualitas internet. ASUS juga memiliki produk router dalam daftar perangkat yang diproduksi. Misalnya, ASUS RT-AC5300 yang memiliki tampilan mencoolok dan fitur yang mendongkrak kualitas koneksi internet terutama untuk gamer.

Desain ASUS RT-AC5300 pantas dibilang mencolok. Bagaimana tidak, router ini memiliki ukuran bodi yang sangat lebar serta antena yang terdiri dari 8 buah. Melihat bentuknya membuat yang melihat membayangkan sebuah bentuk kapal luar angkasa seperti di film Star Wars atau Star Trek.

Meskipun begitu ASUS mengklaim antena tersebut bisa membantu memperluas daya sebar internet saat posisi antenanya digeser. Oleh ASUS, antena ini digunakan untuk mendukung fitur MU-MIMO 4x4 sehingga koneksi jaringan dan bandwidth internet yang dihantarkan lebih besar dan kencang saat terhubung dengan beberapa perangkat sekaligus.



Hal tersebut memang menjadi andalan router ASUS RT-AC5300. Meksipun untuk gamer, tapi perangkat memiliki kemampuan untuk membagi koneksi jaringannya ke banyak perangkat yang terhubung. 

Oleh sebab itu ASUS RT-AC5300 pas digunakan untuk di rumah seorang gamer yang harus berbagi koneksi internet Wi-Fi dengan perangkat anggota keluarga lainnya.

ASUS RT-AC5300 mengadopsi jaringan IEEE 802.11a/b/g/n/ac, IPv4, dan IPv6. Untuk memaksimalkannya, router ini juga dibekali kemampuan Tri-band yang terdiri dari 1 saluran frekuensi 2,4GHz dan 2 saluran untuk 5GHz.

Di atas kertas, frekuensi 2,4GHz mampu menyediakan kecepatan internet hingga 1.000mbps dan 2 buah frekuensi 5GHz dengan kecepatan mencapai 2.167Mbps. Artinya router ini mampu mendukung koneksi internet yang cepat dengan jangkau yang masih cukup luas ke banyak perangkat sekaligus.



Dalam uji coba di kantor Medcom.id yang terdiri dari 3 lantai, kualitas koneksi masih sangat kencang dengan kualitas sinyal Wi-Fi full bar untuk dua lantai. Baru di lantai 1 dan halaman kantor kekuatanya sinyalnya hanya tersisa 1 bar tapi masih cukup cepat untuk memutar YouTube.

Sebelum berbicara ke fiturnya yang cukup, saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang konfigurasi pemasangan awalnya. Desain ASUS RT-AC5300 serta daftar fitur yang tertera di boksnya mungkin membuat pengguna awam akan gentar duluan untuk memasangnya sendiri.

Padahal hanya berbekal panduan manual dan konfigurasi berbasis web ASUSWRT proses konfigurasi awalnya tidak sulit. Anda diberikan pilihan proses konfigurasi lebih lanjut dan otomatis. 



Untuk konfigurasi lebih lanjut Anda akan diminta menyertakan nama Wi-Fi serta password ketiga channel frekuensi yang disediakan, termasuk untuk mode guest. ASUSWRT juga dipergunakan untuk Anda melakukan konfigurasi lebih lanjut serta mengaskes fitur dari ASUS RT-AC5300.

Hal tersebut juga bisa dilakukan lewat aplikasi ASUS Router App, baik aplikasi maupun ASUSWRT menyediakan tampilan yang mudah dimengerti dan menyediakan akses konfigurasi fitur yang kurang lebih sama.

Fitur pertama adalah soal konfigurasi kecepatan internet yang sangat lengkap. ASUS RT-AC5300 mampu melakukan konfigurasi kecepatan dan bandwith internet untuk ketiga saluran frekuensi yang tersedia, setiap perangkat yang terhubung, hingga situs atau aplikasi yang mengkonsumi koneksi internet.

Alhasil penggunanya juga bisa memantau secara detil konsumsi internet setiap perangkat yang terhubung serta aplikasi atau situs apa yang diakses dalam bentuk infografis berdasarkan tanggal yang diinginkan lewat fitur tambahan bernama Traffic Analyzer.



Fitur lainnya adalah mode Game Boost yang ditujukan untuk gamer. Jadi ASUS RT-AC5300 mendukung fitur WTFast gamer private network yang membuat koneksi internet yang digunakan mampu dikirim langsung ke server game yang terhubung. 

Hasilnya koneksi internet memiliki latency yang rendah serta kecepatan internet yang diprioritaskan untuk kebutuhan gaming. Prioritas ini juga bisa dioptimalkan dengan mudah lewat fitur Adaptive Quality of Services, pengguna bisa memilih jenis kegiatan atau koneksi internet yang diprioritaskan.



Lalu fitur lain yang menambah kepercayaan pengguna ASUS RT-AC5300 adalah tersedianya software sistem keamanan internet yang terpasang langsung di dalamnya dan berasal dari Trend Micro sebagai perusahaan sistem keamanan internet yang cukup kredibel namanya. 



Untuk konektivitasnya ASUS RT-AC5300 menyediakan cukup banyak port. Tersedia 1 buah port USB 3.0 dan USB 2.0 serta 1 port WAN port dan 4 port Gibabit LAN. ASUS RT-AC5300 juga bisa dipergunakan sebagai sharing center

Kesimpulan
Tentu saja seluruh kemampuan dan fitur yang banyak ini tidak dibanderol dengan harga murah, ASUS RT-AC5300 dibanderol mendekati Rp6 juta. Apabila Anda seorang gamer hardcore mungkin harga ini tidak terlalu mahal.

Desainnya memang sangat menarik perhatian meskipun hal ini sebetulnya tidak terlalu menjadi pertimbangan utama saat membveli router, ukurannya yang besar membuat perangkat ini membutuhkan tempat khusus untuk menempatkannya.
 
 
 
ASUS RT-AC5300
Plus
  • Desain unik
  • Pemasangan dan konfigurasi mudah
  • Fitur lengkap dan spesifikasi terbaik
Minus
  • Ukuran besar
  • Harga cukup mahal


 


(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG ASUS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA REVIEW
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 22-10-2018