DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 19.955.605.901 (19 SEP 2018)

Advan i6, Menjanjikan di Harga Rp1,5 Juta

Lufthi Anggraeni - 23 Juni 2018 11:17 wib
Advan i6 hadir dengan harga terjangkau dan performa yang cukup baik.
Advan i6 hadir dengan harga terjangkau dan performa yang cukup baik.

Jakarta: Advan bukanlah nama asing di ranah produsen smartphone Indonesia. Mereka adalah produsen lokal yang telah lama berkecimpung dan menelurkan sejumlah perangkat yang ditawarkan dengan harga terjangkau.

Produsen asal Indonesia ini kembali menghadirkan smartphone terbarunya bertajuk Advan i6, digadang menawarkan kemampuan dan fitur premium, dalam perangkat yang dipasarkan dengan kisaran harga sebesar Rp1 jutaan.

Benarkah demikian? Berikut ulasan hasil pengujian yang kami lakukan pada Advan i6.

 

Desain

Advan i6 hadir dengan tampilan desain semi-unibodi, memungkinkan casis belakangnya dilepas untuk mengakses slot kartu SIM ganda dan microSD, namun dengan baterai yang menyatu dengan bodi perangkat dan tidak dapat dilepas.

Ponsel cerdas ini menggunakan bahan plastik mengkilat untuk membalut hampir seluruh bodi perangkat, dan hadir dengan sudut membulat. Tidak hanya sudut, ponsel ini juga hadir dengan tepian di masing-masing sisi membulat dan tidak tegas, terutama di tepian sisi bagian belakang.



Tepian membuat ini mampu menghadirkan kenyamanan dan mendukung kesan kokoh saat digenggam, meski mengusung ukuran layar sedikit besar yaitu 5,5 inci. Sayangnya, bahan plastik mengkilat ini sering kali mengganggu keindahan tampilan bodi perangkat karena mudah kotor oleh noda sidik jari.

Pada beberapa kesempatan, menggenggam perangkat dalam kondisi tangan sedikit berkeringat juga menimbulkan sedikit ketidaknyamanan, akibat bodi perangkat yang menjadi sedikit licin. Sementara itu seperti ponsel cerdas masa kini pada umumnya, bagian depan Advan i6 didominasi oleh layar pengusung desain 2,5D.



Selain itu pada bagian depan, Anda juga akan menemukan tiga tombol menu utama berbentuk tombol sentuh di bagian layar bawah. Anda juga akan menemukan jack headphone 3,5mm di sisi atas bodi ponsel, berdampingan dengan port microUSB 2.0 yang juga merupakan port charger.

Di sisi kanan, Anda akan menemukan tombol daya dan volume, sedangkan di sisi bawah terdapat dua rangkaian lubang yang berfungsi sebagai mikrofon dan speaker. Sementara di sisi belakang perangkat, Anda akan menemukan sensor pemindai sidik jari yang tersemat di bawah kamera belakang.



Mengingat slot kartu SIM dan microSD berada berdampingan dengan baterai dan tertutup casis bodi, Anda tidak akan menemukan slot kartu SIM pada umumnya, yang dapat diakses dengan menggunakan kunci ejector, sehingga sisi kiri perangkat ini bersih dari slot apapun.



 

Software & Antarmuka Pengguna

Advan i6 hadir dengan menggunakan sistem operasi Android 7.0 Nougat, didampingi oleh antarmuka pengguna karya Advan, IDOS versi 7.22. Antarmuka pengguna tersebut diklaim dibuat oleh teknisi Indonesia, sehingga menghadirkan berbagai fitur yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan konsumen Indonesia.

Fitur tersebut termasuk dukungan layanan komputasi awan atau cloud saat melakukan backup data pada perangkat, serta fitur Intelligent Assistant. Fitur tersebut memiliki kemampuan untuk menentukan jadwal ponsel aktif dan nonaktif sesuai keinginan Anda.

Mengingat Indonesia sebagai salah satu negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Advan turut menghadirkan aplikasi bertajuk Panduan Muslim sebagai aplikasi bawaan pada ponsel i6.

Selain itu, Advan i6 juga dibekali dengan aplikasi bernama Clone, berfungsi memindahkan data dari ponsel lama ke smartphone baru.



Tersedia juga aplikasi Speedup, memungkinkan Anda mengosongkan memori guna mempercepat kinerja ponsel saat ditekan. Uniknya, Advan mencoba menyuguhkan kemudahan bagi pengguna i6 dengan menghadirkan gestur usap dengan tiga jari dari atas ke bawah untuk melakukan screenshot.

Advan juga mengunggulkan fitur keamanan pada i6, dengan menghadirkan sejumlah fitur dan aplikasi yang diklaim mampu menghadirkan perlindungan terbaik pada data pengguna. Selain sensor pemindai sidik jari dan Face ID, Advan i6 juga berbekal Super App Lock, Privacy System dan Anti Theft.

Super App Lock berfungsi untuk mengamankan aplikasi yang dapat diakses setelah berhasil membuka kunci unik, dalam tiga pilihan yaitu pin, pola, dan gestur. Sementara itu, Privacy System berfungsi untuk menyembunyikan file penting dalam smartphone, seperti data, video, foto dan dokumen lainnya.

File yang tersimpan pada fitur Privacy System ini dapat diakses melalui menu telepon, dan menekan kode yang telah Anda buat pada dialer plate atau papan tombol nomor pada menu telepon. Sedangkan fitur Anti Theft berfungsi untuk mencari posisi smartphone jika Anda kehilangan i6, serta mengambil foto suasana sekitar atau orang yang memegang atau membawa ponsel, membunyikan alarm dan menghapus data dari jarak jauh.

 

Kamera & Video

Mengusung kamera belakang beresolusi 13MP dan kamera depan 5MP, Advan i6 cukup mampu menghasilkan foto dengan tampilan cukup baik pada kondisi pencahayaan baik. Sayangnya, pada kondisi pencahayaan redup, kamera perangkat ini kurang mampu menghasilkan gambar yang kurang memuaskan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat memanfaatkan dukungan lampu flash LED yang mendampingi kamera belakang. Selain itu pada menu kamera belakang, Advan juga menghadirkan mode Blur, memungkinkan perangkat menghasilkan foto dengan latar belakang buram.







Advan juga membekali kamera belakang i6 dengan sejumlah mode lain, seperti Van CAM dan Beauty, selain mode foto dan video pada umumnya. Seperti namanya, mode Beauty memungkinkan Anda mengaplikasikan filter untuk menjadikan wajah pada hasil foto terlihat, lebih cerah, mulus dan cantik.

Sedangkan fitur Vancam memungkinkan Anda merekam video singkat dengan durasi maksimal hingga 10 detik. Pada mode ini, Anda juga dapat menyesuaikan tingkat pada mode kecantikan, serta dapat mengaplikasikan sejumlah stiker menarik.




Kamera depan dengan mode Potret




Sementara itu, kamera depan Advan i6 juga dibekali dengan mode pemotretan serupa, namun mode blur hadir dengan nama berbeda yaitu Potret. Pada mode Potret, Anda dapat menyesuaikan tingkat keburaman latar belakang pada foto.

 

Performa & Baterai

Didukung prosesor MediaTek 6737 quad-core 1,3GHz dan RAM 2GB, performa yang disuguhkan oleh Advan i6 cukup baik, meski pada beberapa kesempatan, kami masih dapat menemukan lag yang terkadang mengganggu kesenangan penggunaan.

Pada penggunaan sehari-hari, Advan i6 masih mampu menghadirkan pengalaman penggunaan tanpa gangguan lag, seperti beralih dari satu aplikasi ke aplikasi, serta saat menjelajahi sejumlah tab di browser. Namun, pada aktivitas lebih berat seperti memainkan game seperti Ashpalt 8: Airborne, lag sempat kami temukan.

Lag juga sempat kami temukan saat mengaktifkan layar dengan menekan tombol daya, yang membutuhkan waktu sedikit lebih lama saat mengaktifkan layar setelah tidak aktif selama beberapa lama. Namun, jika layar belum lama dikunci, menekan tombol daya akan segera mengaktifkan layar ponsel.

Performa ponsel cerdas terbaru Advan ini juga terekam dalam hasil pengujian dengan memanfaatkan aplikasi benchmark 3DMark dan PCMark. Pada 3DMark Ice Storm Unlimited 3.690, sedangkan pada aplikasi PCMark Work 2.0, Advan i6 memperoleh hasil 2629.



Sementara itu, layar Advan i6 mampu menghadirkan suguhan konten yang baik, dengan ketajaman dan detil yang tergolong baik, berkat dukungan resolusi HD pada layar. Kenikmatan menyaksikan konten pada perangkat ini juga didukung oleh ukuran layar yang tergolong luas, dengan rasio aspek 18:9.

Untuk baterai, Advan i6 berbekal baterai berkapasitas 3.300 mAh yang tergolong cukup besar. Baterai tersebut mampu menjaga perangkat bertahan selama 7 jam pada kondisi penggunaan aktif, sedangkan dalam kondisi penggunaan normal selama hingga 9 jam.

Kesimpulan
Dengan penawaran harga terjangkau yaitu Rp1.499.000, Advan i6 cukup mampu menawarkan performa dan pengalaman penggunaan yang menyenangkan, dengan gangguan lag yang masih dapat ditoleransi. Kesenangan menyaksikan konten didukung oleh tampilan pada layar yang tajam.

Sayangnya, bagi Anda yang mengharapkan kemampuan pengisian daya baterai cepat, Advan i6 mungkin tidak mampu menjadi perangkat pilihan, karena tidak dibekali dengan fitur tersebut.
 
  Advan i6
Prosesor MediaTek MT6737
RAM RAM 2GB
OS Android 7.0 Nougat + IDOS 7.22
Memori Internal 16GB
Kamera 13MP (belakang), 5MP (depan)
Baterai 3.300 mAh
Layar 5,5 inci
Harga Rp1.499.000

 
7,8
Advan i6
Plus
  • Harga terjangkau
  • Layar luas dan tajam
  • Baterai cukup besar
Minus
  • Performa
  • Tanpa fitur pengisian daya baterai cepat



(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG REVIEW GADGET
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA REVIEW
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 20-09-2018