DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.058.936.361 (14 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Honor 8X, Padankan Layar Besar dan Kamera

Ellavie Ichlasa Amalia - 07 November 2018 21:22 wib
Honor 8X. (Medcom.id)
Honor 8X. (Medcom.id)

Jakarta: Honor baru saja meluncurkan ponsel barunya, Honor 8X. Ponsel yang disebut sebagai "flagship killer" ini merupakan smartphone kelas menengah yang mengunggulkan layar besar dan kamera.

Mengingat Honor 8X masih masuk ke kelas menengah dengan harga Rp3.999.000, tentu saja spesifikasinya masih sesuai dengan ponsel di rentang harga tersebut.

Memang, ponsel ini sudah dilengkapi beberapa fitur yang biasanya hanya ditemui pada ponsel premium, seperti kecerdasan buatan untuk kamera. Namun, bagaimana performa keseluruhannya?

 

Desain

Honor 8X memang terlihat cantik, dengan bodi belakang yang glossy. Namun, secara keseluruhan, desain Honor 8X tidak jauh berbeda dengan smartphone Honor yang lain. Satu hal yang membedakan ponsel ini dari ponsel Honor lain -- yang juga biasanya dirilis dengan opsi berbagai warna, seperti Honor 9i -- adalah adanya garis pembatas pada bagian kiri ponsel. Ini membuat seperempat bagian kiri ponsel terlihat memiliki warna yang berbeda.

Sementara pada bagian depan, Anda akan melihat desain bezel minim yang memang tengah menjadi tren tahun ini. Honor masih memutuskan untuk menggunakan poni pada bagian depan dan tidak memasang kamera depan yang dapat dimasukkan ke dalam ponsel seperti apa yang Xiaomi lakukan dengan Mi Mix 3.



Honor 8X tersedia dalam tiga warna, yaitu biru, hitam, dan merah. Kilau bagian belakang Honor 8X terlihat mencolok pada unit warna biru yang Medcom.id dapatkan. Begitu juga dengan Honor 8X berwarna merah. Namun, efek glossy tidak terlalu terlihat jika Anda membeli Honor 8X berwarna hitam.

Ponsel terbaru dari Honor ini memiliki bodi kaca dan metal pada bagian tengah bodi. Ini membuatnya terlihat dan terasa mewah. Sayangnya, seperti kebanyakan smartphone dengan bodi kaca, ini membuat Honor 8X mudah kotor oleh sidik jari, terutama jika Anda tidak menggunakan casing.



Sayangnya, Anda tidak akan bisa mencucinya begitu saja karena ponsel ini memang tidak memiliki sertifikasi tahan air seperi kebanyakan smartphone premium. Anda tetap bisa membersihkan bercak sidik jari menggunakan kain lembut atau tisu.

Honor 8X memiliki ukuran layar besar, yaitu 6,5 inci. Ia memiliki rasio layar dan bodi 91 persen. Itu artinya, 91 persen dari bodi ponsel berupa layar. Ini memang membuat ponsel tidak terlihat terlalu besar. Meskipun begitu, Honor 8X lebih terasa nyaman untuk digunakan dengan dua tangan.

Tombol power dan volume ada pada bagian kanan ponsel. Sementara pada bagian bawah, Anda akan menemukan port charger -- yang masih berupa micro USB -- dan jack 3,5 mm.



Pada bagian belakang ponsel, Anda akan menemukan sensor sidik jari berbentuk lingkaran pada bagian tengah, memudahkan Anda untuk menjangkaunya bahkan ketika Anda memegang ponsel dengan satu jari. Kamera terletak pada pojok kiri atas.

 

Antarmuka

Untuk software, Honor menggunakan EMUI 8.2 yang didasarkan pada Android 8.0 Oreo dan bukannya Android 9.0 Pie yang lebih baru. EMUI tidak lagi menggunakan app drawer sehingga Anda bisa langsung mengakses semua aplikasi.

Secara pribadi, saya lebih suka pengalaman penggunaan Android murni. Selain itu, Honor 8X juga memiliki cukup banyak aplikasi bawaan yang pada akhirnya saya tidak gunakan.

Sama seperti ponsel Huawei dan Honor lain, Honor 8X dilengkapi dengan game suite. Game suite adalah sebuah folder yang memungkinkan Anda memasukkan game-game ke dalamnya.

Dari folder ini, Anda bisa memutuskan untuk mengaktifkan game acceleration. Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan fitur "zero interuptions", yang sesuai dengan namanya, memungkinkan Anda bermain tanpa harus khawatir diganggu notifikasi.



Ketika saya mencoba bermain game Player Unknown's Battleground, pengaturan grafik otomatis ada pada medium. Meskipun game acceleration diaktifkan, ini tidak akan meningkatkan performa secara signifikan. Kami juga mencoba mengukur framerate saat bermain saat game acceleration aktif dan non-aktif. Alhasil, tidak ada perbedaan antara keduanya. 



Saat bermain PUBG, framerate rata-rata mencapai 26fps. Sementara untuk memastikan game bisa dimainkan dengan lancar, framerate biasanya harus mencapai 30fps. Meskipun sedikit kurang, Honor 8X bisa digunakan untuk bermain game PUBG dengan lancar.

 

Kamera

Kamera jadi salah satu fitur unggulan Honor 8X. Perusahaan asal Tiongkok itu memasang dua kamera belakang yang menggabungkan sensor 20MP dan sensor 2MP. Sensor utamanya memiliki resolusi 20MP dengan bukaan f/1.8. Tujuannya adalah untuk dapat mengambil gambar dengan baik bahkan di saat malam hari.

Honor 8X bahkan telah dilengkapi dengan Night Mode. Ketika Anda mengambil foto dengan mode ini, Anda harus bisa memegang ponsel dengan diam selama beberapa detik. Dan memang, foto di malam hari yang dihasilkan Honor 8X cukup baik untuk kelas menengah.

Meskipun begitu, dalam keadaan yang sangat gelap, Anda akan masih melihat derau atau noise, terutama jika Anda melihatnya pada layar besar seperti pada PC. 








Adanya kamera kedua pada Honor 8X berfungsi untuk mendeteksi kedalaman foto. Dengan begitu, Anda akan bisa mengambil foto dengan efek Bokeh atau latar belakang yang mengabur.





Honor juga melengkapi ponsel barunya dengan fitur kecerdasan buatan, satu lagi tren ponsel pada tahun ini. AI pada Honor 8X akan bisa mengenali adegan ketika Anda mengambil foto. Misalnya, ketika Anda mengambil foto pepohonan, AI kamera akan mengenalinya dan menyesuaikan foto sehingga hasilnya menjadi maksimal. Setidaknya begitulah secara teori.

Namun, ketika saya menggunakan Honor 8X dengan fitur AI aktif, terkadang warna yang dihasilkan justru terlihat terlalu terang. Lain waktu, saya mencoba untuk membandingkan foto di malam hari dengan dan tanpa fitur AI. Hasil foto keduanya tidak jauh berbeda.



Foto tanpa AI.


Foto dengan AI. 


Foto tanpa AI


Foto dengan AI

Untuk kamera depan, Honor memasang kamera dengan resolusi 16MP. Meskipun kamera depan ponsel ini hanya satu, Honor telah melengkapinya dengan software yang bisa memungkinkan Anda untuk mengambil foto selfie dengan efek Bokeh. Tentu saja ada keterbatasan dari fitur ini. Foto biasanya terlihat menjadi kurang natural. Anda bisa melihat contohnya di bawah. 





Sayangnya, ketika saya mencoba mengambil foto selfie pada malam hari, masih terdapat banyak derau pada foto. 



 

Performa dan Baterai 

Honor menggunakan Kirin 710 sebagai prosesornya. Perusahaan Tiongkok itu memadankannya dengan RAM 4GB dan memori internal 128GB. Tidak puas dengan memori internal Honor 8X? Anda masih bisa menggunakan Micro SD untuk menambah memorinya. Honor 8X bisa menggunakan SD card dengan memori hingga 400GB.

Kami menggunakan benchmark PCMark dan 3DMark untuk menguji dan membandingkan Honor 8X dengan beberapa smarpthone lain dengan harga yang tidak jauh berbeda.

Seperti yang bisa Anda lihat pada grafik di bawah, hasil skor Honor 8X tidak jauh berbeda dengan Xiaomi Mi A2 atau Oppo F9 dan bisa mengalahkan Samsung Galaxy A6 dan Vivo V9 dengan cukup jauh.



Selama menggunakan ponsel ini, saya tidak mengalami masalah berarti. Layar besar terasa nyaman untuk digunakan bermain game atau menonton video.

Dengan prosesor dan RAM Honor 8X, ponsel ini juga sudah cukup mumpuni ketika saya membuka dua aplikasi sekaligus. Karena layarnya besar, membuka dua aplikasi sekaligus terasa lebih lega.

Ketika saya mencoba untuk bermain PUBG, pengaturan grafik secara otomatis terpasang pada medium. Game dapat berjalan pada rata-rata 26 fps, sedikit di bawah dari rata-rata fps yang diperlukan agar game dapat berjalan lancar, yaitu 30 fps. Meskipun begitu, saya tidak mengalami gangguan berarti ketika bermain. 

?

Sementara untuk masalah baterai, Honor 8X dapat bertahan selama 9 jam 39 menit ketika diuji dengan PCMark. Jika dibandingkan dengan beberapa pesaingnya, Honor 8X dapat bertahan lebih lama. Sayangnya, ponsel ini tidak dilengkapi dengan fitur fast charging.
 

Kesimpulan

Honor 8X cocok untuk Anda yang suka menonton video dan bermain game. Layar besar miliknya akan membuat Anda puas ketika Anda menonton atau bermain. Selain itu, layar besar juga memungkinkan Anda untuk melakukan multitasking dengan nyaman.

Sayangnya, ini berarti bodi Honor 8X menjadi cukup besar. Memang, bezel pada sekitar layar sudah dibuat dengan sangat tipis. Meskipun begitu, ponsel ini tetap sulit untuk digenggam dengan satu tangan, terutama bagi Anda yang memiliki tangan yang tidak terlalu besar.

Untuk masalah kamera, Honor 8X memberikan performa yang baik. Hasil foto ini pada malam hari juga cukup baik di kelasnya. Dengan dua kamera belakang, ia sudah dapat memberikan Anda foto dengan efek Bokeh. Baterai dari ponsel ini juga cukup awet, sehingga Anda tidak perlu khawatir ponsel akan mati di tengah hari.
 
  Honor 8X
Prosesor HiSilicon Kirin 710
RAM 4GB
OS Android 8.1 Oreo + EMUI 8l.2
GPU Mali-G51
Memori Internal 128GB
Kamera 20MP + 2MP (belakang) + 16MP (depan)
Baterai 3.750 mAh
Layar 6,5 inci (1080x2340)
Harga Rp3.999.000 
 
8.2
Honor 8X
Plus
  • Hasil foto bagus di kelasnya
  • Baterai awet
  • Performa memuaskan
  • Layar besar
Minus
  • Agak sulit digenggam dengan satu tangan
  • Masih menggunakan micro USB

(MMI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG REVIEW GADGET
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA REVIEW
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 16-11-2018