Pemindahan Ibu Kota Diyakini Mampu Mengatasi Ketimpangan

- 10 Agustus 2017 22:39 wib
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran. (Foto Dokumentasi).
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran. (Foto Dokumentasi).

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran meyakini pemindahan ibu kota dapat menjadi solusi mengatasi ketimpangan pembangunan. Pemindahan ibu kota bakal mendatangkan investasi karena menggeser kepentingan ekonomi dan sosial dari Pulau Jawa ke kawasan baru.

"Ketimpangan terjadi karena adanya ketidakadilan dari pusat. Hal ini perlu diatasi dengan manajemen keindonesiaan yang baik, salah satunya dengan pemindahan ibu kota untuk pemerataan kesejahteraan," kata Sugianto saat menjadi pembicara dalam acara Indonesia Development Forum, Jakarta, Kamis 10 Agustus 2017.

(Baca juga: Pemindahan Ibu Kota Dinilai Solusi Akhir Kemacetan di Jakarta)

Ia menjelaskan, ketimpangan bisa dilihat dari porsi alokasi anggaran pusat ke Kalteng. Alokasi anggaran pemerintah pusat untuk pembangunan infrastruktur di Kalteng jauh di bawah Pulau Jawa. Padahal luas Kalteng 1,5 kali Pulau Jawa.

"Kami kaya sumber daya alam, tapi bukan kami yang menikmati. Kami menyuplai kebutuhan energi untuk Pulau Jawa, tapi kami tidak mendapatkan imbal investasi pembangunan infrastruktur yang cukup," lanjut Sugianto.

Pemindahan ibu kota wewenang pemerintah pusat. Sugianto hanya menjalankan pemerintah Presiden Joko Widodo dengan menyiapkan lokasi 300 ribu hektare hingga 500 ribu hektare.

"Detail tempat dan lokasi hanya saya dengan Presiden yang tahu. Secara istimewa itu hak prerogatif Presiden, rahasia Presiden Jokowi. Silakan Pak Jokowi menunjuk lokasi yang cocok sesuai kajian," kata Sugianto.

(Baca juga: Kemenkeu Siapkan Rp7 Miliar untuk Kajian Pemindahan Ibu Kota)

Ia juga setuju dengan langkah Bappenas yang mengkaji banyak daerah untuk dijadikan ibu kota. Bila Kalteng yang diminta, Sugianto siap sedia.

"Kami akan sambut dengan ramah, karena warga Kalteng ramah dan toleran. Kalteng akan menyiapkan kota yang bahagia untuk penduduknya," pungkas Sugianto.




(HUS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PEMINDAHAN IBUKOTA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 23-10-2017